MEMELIHARA BADAN DIKALA SEHAT


بسم الله الرحمن الرحيم

الحمدلله المتقدس عن الأضداد المنزه عن الأولاد الذى يرشدعبده ويهديه وإذامرض فهو يشفيه وإذاضعف فهو يقويه وهوالذى يطعمه ويسقيه ويحفظه من الهلاك ويحميه ويحرسه بالطعام والشراب عمايرديه  أشهدأن لاإله إلاالله وحده لاشريك له الكريم الديان وأشهدأن محمداالمختارمن ولدعدنان صلى الله عليه وآله صلاة مصونة عن الإنصرام دائمة يداوم الليالى والأيام  
Ilmu Tibb (kedokteran) adalah ilmu  yang besar Manfaatnya yang luhur derajatnya masyhur keutamaannya yang ditetapkan syariat keashliannya : dalam alquran : وكلواواشربوا ولاتسرفوا إن الله لايحب المسرفين  (artinya makanlah kamu sekalian dan minumlah kamu sekalian dan janganlah kamu sekalian berlebih-lebihan,sesunguhnya Allah tidak menyenangi orang yang berlebih-lebihan)adapun dalam hadits nabi saw:
العلم علمان علم الأديان وعلم الأبدان فعلم الأديان وهو الفقه وعلم الأبدان وهو الطب
Artinya : ilmu itu ada dua macam ilmu Adyan (agama) dan ilmu Abdan (kesehatan badan) ilmu Adyan yaitu alfiqh dan ilmu abdan adalah attibbu (kedokteran)
Benar bahwa nabi berobat dan memerintah untuk berobat, para shohabat selalu melaksanakan berobat jika sakit dan orang-orang yang setelahnya. Hadits nabi saw tentang memerintah berobat :
قال النبى صلى الله عليه وسلم ياعبادالله تداوو فإن الله لم يضع داء إلاوضع له شفاء غيرداء واحد قالوايارسول الله قال الهرم
Artinya : Nabi Saw bersabda : wahai hamba-hamba Allah berobatlah kamu sekalian maka sesungguhnya Allah tidak meletakkan penyakit kecuali Allah meletakkan obatnya selain penyakit yang satu yaitu penyakit Harom (pikun)
Yang diharapkan dalam Ilmu Tibb adalah penyebab untuk menolak penyakit dan menarik kesembuhan sebagaimana dagang penyebab untuk mendapatkan uang, Al-Hakim soqrates[1] berkata : Thobib (orang yang mengobati ) sebaiknya taqwa kepada Allah, taat kepadaNya, memberesi hatinya, menjaga rahasia pasien, kalau bisa menjauhi obat najis khususnya arak, senang mengobati orang faqir dan miskin, omongannya lembut dan halus, mendekatkan diri kepada Allah.[2]
Adapun melakukan himyah (pencegahan memakan makanan) yaitu mencegah makanan-makanan yang bisa menambah penyakit jika seseorang melakukan himyah maka sakit terhenti dan menambah kekuatan untuk menolak penyakit. Dalam hadits : الحمية رأس الدواء   (Memantang itu bibit obat) Nabi memerintah himyah dan hal-hal yang membahayakan penyakit, Imam tirmidzi meriwayatkan ummilmundzir berkata: rosulullah saw bersama sohabat Ali bin Abi Tholib ra. Masuk kedalam kebunku dan aku sedang berada di dalam kebun dan aku mempunyai buah Dawwal kemudian rosulullah memakannya dan sohabat ali pun ingin memakannya lantas Nabi Saw berkata kepada Ali jangan ali kamu harus menyembuhkan penyakitmu ummulmundzir berkata makanan ini sambil memberikan makanan lain yang disertai gandum kemudian nabi bersabda : makanan ini lebih cocok untukmu. HR. Tirmidzi.

ILMU THOBI'AT (WATAK)
Ketahuilah ! sesungguhnya dunia seisinya diciptakan dari Empat unsur api, tanah, angin, air, penjelasannya panas, dingin, kering dan basah.[3]
Dan dalam badan terdiri dari empat unsur yang lain yaitu : Marrotusshoshofro, Marrotussauda, Addamawi, dan Bulghomi.
1. Cholat shofrowi ( campuran kuning) : Wataknya panas kering asalnya dari unsur api tempatnya pada Manusia di Almaroroh (Empedu).
2. Cholat Damawi (campuran sebangsa darah) : Wataknya panas basah dari unsur angin tempatnya di kabid (jantung)
3. Cholat Bulghomi (campuran sebangsa dahak) : wataknya dingin basah dari unsur air tempatnya di paru-paru.
4. Cholat saudawi (campuran sebangsa hitam) : wataknya dingin kering dari unsur tanah tempatnya di thihal (limpah)

Bahagia dari darah, panas dari shofrowi, rasa takut dari saudawi, dan susah daribulghomi.
Maka dengan keempat cholat ini menjadi tegaknya badan, baiknya serta rusaknya. Sebagaimana yang akan disebutkan. Maka obatnya cholat shofrowi setiap makanan yang berwatak dingin basah, obatnya cholat saudawi setiap makanan yang berwatak panas basah, obatnya cholat bulghomi, setiap makanan yang berwatak panas kering, obatnya cholat damawi  setiap makanan yang berwatak dingin kering. Maka obat setiap penyakit itu kebalikannya.
Jika keadaan makanan benar-benar seimbang dari keempat cholat tersebut maka keadaan badan sehat  dan thobiat mengeluarkan uap yang baik ke hati kemudian uap tersebut naik keotak, dan keseluruh tubuh dengan kesehatannya, maka ia akan selalu sehat, dan jika sebagian cholat bertambah dan menang dalam banyak dan penyerangannya terhadap cholat yang bertentangannya,  maka akan jatuh sakit sebagaimana yang akan diterangkan tentang bertambahnya thobiat Insya Allah.
Pengaranng kitab Arrohmah  Syekh Jalaluddin Assuyuti berkata : Mengetahui tentang makanan yang dikonsumsi manusia ketahuilah sesungguhnya dengan makan bisa menegakkan badan, menetapkan roh dalam badan, dan dari makan terjadi baik dan rusaknya badan, sesungguhnya makanan jika telah tercerna dan keluar dari pencernaannnya maka thobiat meluap-luap dan menarik rasa ingin makan ini yang dinamakan lapar, jika tidak mendapatkan inti makanan maka cenderung memekan Ruthubat al-Ashliyah (cairan-cairan simpanan dalam tubuh) jika kuat maka padamlah Al-Haroroh al-ghoriziyyah (suhu tubuh), dan itu penyebab kerusakan tubuh.

Jika mendapatkan makanan maka gigi depan memotongnya, gigi siung memecahkannya, dan gigi geraham menutunya, lidah membolak balikannya, jika kunyahan telah halus maka disalurkan ke kerongkongan ke paru-paru sebagai mulut lambung sebab lambung itu seperti botol mempunyai leher dan lambung jika sampaikelambung dengan sedikkit-sedikit maka itu yang dinamakan kenyang, jika makanan sampai ke lambung maka pintu lambung tertutup dari arah bawah (dalam) dan mengolah makanan yang ada didalamnya, jika telah diam atau berhenti pengolahannya maka butuh air maka pada saat itu terasa haus dan membutuhkan air agar lambung memungkinkan untuk membolak-balikan makanan dan membasahinya supaya tidak terbakar, maka jika telah sempurna pengolahannya dengan air maka seperti Al-Hasywi Arroqiq (minuman yang lembut) sedang antara lambung dan kabid (jantung) ada terdapat otot-otot yang didalamnya untuk menyalurkan makanan dari lambung kekabid, maka kabid menyedot makanan yang paling baik kemudian diolah kembali hingga menjadi darah, ketika telah menjadi darah maka kabid menyalurkannya keseluruh anggoata tubuh, dan makanan-makanan yang tersisa di serahkan ke usus kemudian kabid menyalurkan ke hati makanan-makanan yang paling baik, ke paru-paru makanan yang paling lembut, ke otak yang paling bagus, dan ke tulang yang paling kasar dan paling kering. Juga masih ada sisa fudlolat (lebihan-labihan) maka satu bagian dislurkan kepada Al-Maroroh (empedu), dan di beri nama Al-Marrotushshofro, dan satu bagian ke limpah dan di beri nama Al-Marrotussauda, al- maroroh disalurkan ke usus maka menolong atas keluarnya ludah, dan dari limpah menyalurkan ke mulut lambung maka mengingatkan rasa ingin makan, dan darah dibarengi air agar menjadi lembut bisa disalurkan ke saluran-saluran yang sempit, kemudian air kembali lagi ke kabid dan disalurkan ke ginjal dan kantong kemih, yang dinamakan Al-Baul (air kencing), dan itu dibarengi sedikit darah untuk Nutrisi ginjal dan kantong kemih.[4]

Ketahuilah sesungguhnya pencernaan lambung bersisakan air kencing, cholat saudawi, dan cholat shofrowi, pencernaan seluruh anggota badan bersisakan keringat dan kotoran, dan setiap anggota mempunyai sisa pencernaan, sisa pencernaan otak ingus dan ludah, sisa pencernaan mata belek, belek terasa asin agar tidak berbau busuk, sisa pencernaan hati dan kantung kemih tumbuhnya rambut yang diperintahkan syariat untuk mencabutnya jika rambut ketiak, dan mencukurnya jika rambut 'Anah (jembut), sisa pencernaan telinga kotoran telinga rasanya pahit agar tidak ada ulat didalamnya, maha suci allah yang maha kasih sayang. Yang maha menciptakan dan maha menggambar. Ketika sulit melestarikan jenis dengan satu macam maka Allah menciptakan anggota-anggota untuk bisa melangsungkan keturun yaitu dzakar dan untsayaini (trijilan) bagi laki-laki dan rahim serta payudara untuk perempuan.[5]


BERTAMBAH DAN MENANGNYA CHOLAT(CAMPURAN) YANG EMPAT
BERTAMBAHNYA CHOLAT (CAMPURAN) SHOFROWI

Jika seseorang banyak mengkonsumsi makanan yang menimbulkan campuran shofrowi maka yang berwatak panas kering seperti madu, daging kambing kibas yang berumur satu tahun dll, watak berpaling dari lambung ke otak dengan uap shofrowi yang tidak setabil maka akan menimbulkan penyakit sakit kepala (shoda'), syaqiqoh (sakit kepala separoh kepala dan wajah), sedikit tidur, otot berdenyut dengan kuat, dan panasnya kulit.
Menyetabilkannya mengkonsumsi makanan yang berwatak dingin basah, seperti makan gula putih, samin kambing kacang, gandum, al-qutstsa(sebangsa mentimun)semangka masam, maka akan setabil dengan cepat khususnya dibarengi dengan menjauhi makanan yang berwatak panas kering, jika meremehkan anjuran ini artinya tetap memakan makanan yang menimbulkan cholat shofrowi maka akan menimbulkan penyakit yang berbahaya seperti : yarqon (penyakit kuning) sakit telinga, sakit persendian, pecahnya jari-jari,gatalnya telapukan mata, kuning gigi, butsur (bisul-bisul seperti jaerawat), sakit tulang rusuk, campak, waj'ullahat (sakit anak lidah),sakit al-ghobb(1 hari sakit 1hari sembuh), jika tampak salh satu penyakit maka butuh mengeluarkan campuran shofrowi.
Alamat menangnya campuran shofrowi :
Diantara alamatnya adalah : kuningnya warna kulit dan mata, mulut pahit, lidah kering, kedua lobang hidung kering, bisul-bisul di kepala, terasa enak tiupan angin dingin, sangat haus, muntah, campuran shofrowi, sakit kepala, dalam tidurnya mimpi api, matahari yang panas, kilat, perang, selalu susah dan pusing jika shofrowi sangat terbakar maka menjadi saudawi. Wallohu a'lam[6]
Bertambahnya Cholat Damawi (campuan hasil pengolahan makanan yang hingga menghasilkan darah)
Jika manusia banyak memakan makanan yang menimbulkan campuran damawi yang berwatak panas basah seperti lemak yang dimasak, manisan atau lainnya maka thobiat badan bergejolak dengan banyaknya darah, maka menjadi uap kedalam otak dengan uap basah, maka akan timbul sakit kepala yang besar, mendidihnya suhu badan, termasaknya badan dan lemahnya panca indra, jika itu di obati dengan minum cuka, delima yang masam, dan mengkonsumsi segala makanan yang rasanya asam maka badan setabil dan badan terasa sehat, dalam sebagian kitab Attibb obat cholat damawi adalah setiap makanan yang berwatak panas kering seperti adzdzurroh (jagung) dan susu yang masam.
Jika meremehkan tidak memperhatikan aturan-aturan diatas maka akan terjerumus kedalam penyakit yang berat seperti mendidihnya darah merah, sakit tenggorokan, radang selaput dada, sakit kabid (jantung) limpah, usus, untsayaini (trijilan) maka jika telah terjadi seperti ini maka butuh cantuk (mengeluarkan darah)
Alamat menangnya campuran damawi : penuhnya badan, gatal, badan dan kepala terasa berat, ayan, dalam tidurnya mimpi : mimisen, dan cantuk.
Bertambahnya Cholat Bulghomi (Campuran Hasil Dari Pencernaan Dan Menghasilkan Bulghom/Dahak)
Jika seseorang mengkonsumsi makanan yang menimbulkan cholat bulghomi maka timbul uap yang dingin lagi basah dan terjadilah badan lemah, persendian gembur, panca indra berat, dan tampak penyakit bulghom, jika mengobatinya dengan makanan yang bisa menyetabilkannya maka seperti madu, jahe,lada, al-qurfah (kulit kayu manis), jagung, minyak wijen, musthoka (menyan arab) maka kondisi badan setabil dan sehat, jika meremehkan aturan diatas maka cholat bulghomi akan bertambah, dan akan menderita penyakit yang berat, sulit sembuh dan merana.seperti Baros (pada badan terdapat warna putih yang sangat), falij (mati sebagian anggota badan) saktah (mati anggota badan sebagian atau seluruhnya), shoda' (sakit kepala) yang dingin, jarob (kudis) bau mulut tidak enak, busuknya ketiak, dinginnya kabid (jantung), limpah, rasa takut, sulit melahirkan, sakit panas alwardi, sakit kepala al-muthbiqoh.
Alamat menangnya cholat bulghomi : diantara alamatnya banyak ludah, badan dingin, sedikit nafsu makan pada pagi hari, sedikit bersin, lemah lambung dan pencernaan, atob asam, putih air kencingnya, banyak tidur, malas dan lupa. Dalam tidurnya mimpi hujan, air, telaga, mandi dan renang.
Bertambahnya cholat saudawi
Jika banyak mengkonsumsi makanan yang menimbulkan cholat saudawi seperti kacang adas, jagung, susu sapi, terong dll. Maka bergejolaklah cholat saudawi, penyakit saudawi dimulai dengan lemahnya badan, banyak bersin, sedikit tidur, sebaiknya badan disetabilkan dengan minum madu, dan dicampur dengan 1rithl madu, 1dirham (48 biji gandum) jahe dan 1 dirham lada, yang keduanya telah ditumbuk ditambah musthoka (menyan arab). Atau minum susu sapi dan gula, dan mengkonsumsi makanan yang berwatak panas basah yang ringan seperti susu, samin, gula merah (al-qindi : tebu), pisang yang matang yang tidak lemah (bosok), kucai, susu kambing domba (dlo'ni), maka badan akan setabil dan sehat.
Jika meremehkan aturan diatas maka akan menderita penyakit-penyakit yang sulit sembuh yang merana, sepertii kusta, al-jarob (kudis), gatal-gatal, falij (mati separoh badan), saktah (mati anggota badan atau seluruhnya), ringan kepala, ruaf (mimisen), tsaalil (kutil) basur (ambeien) ashshor'u (ayan), malikhuliya (sejenis penyakit gila : pada diri penderita timbul pikiran-pikiran yang jelek dan dirinya dikalahkan oleh rasa takut dan sedih terkadang pingsan/ayan, terkadang ngomong dengan pikiran-pikiran dan dicampur dalam omongannya), quwaba ( sejenis penyakit kusta tapi lebih rendah) al-bahqu (panu), batuk kering, dautstsa'lab (rambut rontok) terkadang saudawi timbul dari cholat shofrowi jika terlalu panas.
Alamat menangnya cholat sudawi
Ciri-cirinya : mata kering, dan seluruh anggota badan, sedikit tidur, banyak minum, kering, iroqoh al-bathinah, hitam darahnya, kental darah, bertambahnya waswas,pikiran dan susah, penyakit limpah, hitamnya air kencing, berwarna kelabu, merah serta tebalnya.
Dalam tidurnya mimpi al-ahwal (hal-hal yang menakutkan), hal yang mengerikan, khoyalat (pikiran-pikiran buruk yang menakutkan), kegelapan dan hal-hal yang hitam yang membakar, mimpi melihat orang-orang yang telah mati.
Hal-hal ini kebanyakan terjadinya dari mengkonsumsi makanan yang asin-asin, asam, ful (kacang tanah), dan kacang adas, wallohu a'lam.
MANFA'AT OLAH RAGA
Ketahuilah ! sesungguhnya manusia pada lambungnya mesti tersisa lebihan makanan yang jelek, jika tidak melakukan gerakan pada waktu tertentu maka akan terkumpul bahaya dan menimbulkan penyakit yang berbahaya, oleh karena itu sebaiknya melakukan gerakan yang seimbang agar bisa memanaskan tubuhnya dan bisa mencerna fudlolat (sisa makanan dalam lambung) dan yang paling baik melakukan olah raga itu waktu kosongnya lambung dari makanan-makanan dan ini yang di beri nama Arriyadloh (olah raga).yaitu bergerak dengan gerakan yang ringan seperti naik kuda, berjalan, melakukan sebagian kesibukan, membaca dll.
Tujuan olah raga ada tiga :
1.     Melenturkan panas badan yang menusuk agar dengan gerakan tersebut bisa kuat menarik rasa ingin makan dan cepat pencernaannya, diterima oleh anggota dan halusnya sisa makanan.
2.     Mengolah sisa makanan yang ada di lambung, membersihkan manafidz (saluran-saluran yang menembus) dan meluaskan pori-pori.
3.       Membolak balikan keadaan tubuh dan melancarkannya.
Jalinus al-hakim berkata : olah raga sebelum makan itu kebaikan yang besar dan penyebab yang kuat dalam menjaga kesehatan, sebab panas menyebar kedalam tubuh dan menguat, bermanfaat pada saluran-saluran, memudahkan menolak lebihan-lebihan makanan, jika dalam badan ada makanan yang belum tercerna makan akan segera tercerna.
Dalam sholat ada macam olah raga dalam kitab al-barkah sholat adalah obat, sholat menyembuhkan sakit hati, sakit lambung, usus dan menyembuhkan pembengkakan, banyak sholat dan tahajjud menjaga kesehatan, sebab sholat meliputi berdiri tegak, ruku, sujud, dll dalam gerakan itu ikut bergerak anggota-anggota yang lain, apalagi usus dan lambung, sujud yang lama itu bermanfaat bagi penderita nuzlah ( influensa) dan zukkam (filek) dan mencegah masuknya nuzlah ketenggorokan dan sujud juga menolong atas terbukanya sumbatan-sumbatan kedua lobang hidung bagi penderita filek dan turunya makanan kelambung dan usus dan menggerakkan sisa-sisa makanan dll.[7]
Diantara Faedah-faedah Sholat adalah menarik rizqi, menjaga kesehatan, menolak hal-hal yang menyakitkan, mengusir penyakit, menguatkan hati, memutihkan wajah, menyenangkan jiwa, menghilangkan malas, menjadikan badan semangat, menolong kekuatan badan, menerangkan hati, mufdiyyatun lirruh (memenuhi kebutuhan ruh), menyinari hati, menjaga kenikmatan, menolak kerusakan, menarik berkah, menjauhkan dari syetan dan mendekatkan kepada Allah, kesimpulannya sholat mempunyai akibat yang ajib (hebat) dalam menjaga badan hati, dan menguatkannya, menolak inti kejelekan dari badan dan hati, tidaklah dua orang terkena musibah dengan bahaya atau penyakit kecuali bagian orang yang sholat lebih sedikit dan akibatnya selamat.[8]


Thobiat atau Watak dari  Makanan, Buah-Buahan, Obat-Obatan dan Daging Hewan.
Panas Kering
Panas Basah 
Dingin Kering
Dingin Basah
Beras
Jagung (Dukhon)
Buahbadam (lauz)
Susu unta
Kurma kering
Keju lama/tua
Daging kelinci
Belalang
Musthoka ( sejanis menyan arab)
Al-kandar (menyan arab)
Al-kammun (jinten putih)
Madu
Bawang putih
Terong
Sho'tar (kemangi)
Syuniz (jinten ireng)
Lada
Jahe
Minyak wijen
Cengkeh
Garam makan
Lubia (kacang pendek, buncis)
Kucai
Misik
Daging menjangan
Gandum merah (khinthoh)
Al-khimasho (kedelai)
Susu kambing dlo'ni (Domba)
Zabad (mentega)
Samin
Kuning telor
Anggur basah
Anggur kering
Pisang
Delima manis
Buah tin basah bawang merah
Hulbah (kelabet)
Hiltit (belendok)
Al-fanidz ( tebu)
Kurma basah
Daging ayam

Jagung (dzurroh)
Gandum putih (syair)
Kacang adas
Baqila (kacang tanah)
Daging sapi
Daging unta
Delima masam
Buah safarjal
Buah persik
Cuka
Buah Asam
Afs (terengguli)
Afyun (ofium)
Daun Inay
Cendana
Al-wardu (bunga mawar)

Daging kambing kacang (al-ma'zu)
Ikan
Putih telor
Al-qitstsa (sebangsa mentimun)
Semangka
Al-fujl (lobak)
Susu masam
Susu baru yang masam
Keju basah
Al-qor'u (buah labu)
Buah Pidara/Widara  (nabqun)
Lembayung (Banafsaj)




MEMELIHARA BADAN DIKALA SEHAT
Ketahuilah sesungguhnya bab ini yang paling penting  dalam Ilmu Tib (kesehatan), karena menjaga kesehatan ketika sehat lebih baik dari pada minum obat waktu sakit.
Ilmu Tib (kesehatan) terbagi menjadi dua:
1. Menjaga kesehatan
2. Mengembalikan kesehatan badan yang hilang

MENJAGA KESEHATAN

I. Menjaga kesehatan yang paling penting mengatur dan menjaga 10 perkara yaitu : Makan, Minum, Bergerak, Diam, Tidur, Bangun tidur (terjaga), Jima’,udara dan hal-hal yang baru datang  yang berpengaruh pada jiwa, serta mengatur anggota badan yang sehat. dan kami akan jelaskan satu persatu.
1. ATURAN MAKAN
Jangan memenuhi perutnya
ماملآ ابن آدم وعاء شرا من بطنه حسب ابن آدم لقيمات يقمن صلبه فإن كان لابد فثلث للطعام وثلث للشراب وثلث للنفس . وقال النبى صلى الله عليه وسلم المعدة بيت الداء والحمية بيت الدواء وأصل كل داء البردة وعودوا كل جسم مااعتاد.
Para Ahli Hikmah berkata : Yang baik makan tiap 2hari 2malam 3kali pada musim dingin, sebagian ulama berkata:1hari 1malam 1kali, dan tidak apa-apa dengan apa yang dibiasakan seseorang dari makan pagi, makan sore / malam serta ukuran yang sedikit dan baguskanlah kunyahanya sehingga lambung mudah memproses pencernaanya, makan dengan duduk, mulailah dengan basmalah dan di akhiri dengan hamdalah ini adalah hal yang paling baik dan sunah.
Sebaiknya menjahui hal-hal yang membahayakan seperti memakan makanan yang mentah atau yang  dijahui oleh jiwa (tak berselara), makan ketika kenyang sebelum makanan dicerna dalam perutnya dan ketika kenyang makan maka ini yang lebih mempercepat menimbulkan penyakit, terkadang penyebab kerusakan.
Raja Kisro mempunyai Empat Ahli hikmah dari Irak Romawi, Hindia dan Sudan, Raja Kisro berkata kepada mereka agar masing-masing menyebutkan obat yang bisa menolak penyakit : dari Irak mengatakan minum sebelum makan apa-apa setiap pagi tiga tegukan air hangat, dari Romawi mengatakan setiap hari menghisap habbirrosyad, Dari hindia mengatakan setiap hari memakan ihlilaj hitam tiga biji, sedangkan yang dari sudan diam dan ia orang yang paling pandai dan cerdik, kemudian raja berkata : kenapa kamu tidak berkata : lantas dari sudan berkata wahai tuanku : minum air hangat sebelum makan apa-apa menghilangkan lemak ginjal, dan mengendorkan lambung, habburrosyad menggerakkan mizaj shofrowi, ihlilaj menggejolakkan mizaj saudawi, kemudian raja berkata kepadanya terus apa pendapatmu? Jangan makan sebelum lapar dan mengangkat tangannya sebelum kenyang.
Sebaiknya jangan mengumpulkan dua makanan yang sama wataknya dengan persamaan yang kuat seperti : daging dan telor, ikan dan susu jagung dan Adas, dan jangan memakan sesuatu yang keras, sangat lengket, sulit memotongnya maka itu sulit atas lambung untuk mencernanya jangan minum dengan cepat atas makan tunggu sehingga makanan diam di lambung, dan semuanya itu berbahaya.
Para Ulama Ahli kedokteran dari Romawi, Hindia dan persi sepakat sesungguhnya penyakit-penyakit semuanya timbul dari 6 perkara :
1. Banyak Jima’  2. Minum air tengah malam 3. Sedikit tidur malam hari 4. Banyak tidur siang hari 5. Makan saat kenyang  6.Menahan kencing.
2. ATURAN MINUM
Jangan minum sebelum haus, minumlah air tawar yang dingin (biasa bukan es) dan bernafas tiga kali di luar tempat minum ( gelas ) jangan bernafas di dalamnya, dan membaca basmalah pada tiap minum dan diakhiri dengan hamdalah, maka sesungguhnya membaca basmalah itu obat yang bermanfaat, menghilangkan penyakit dan menarik obat.dengan basmalah turun berkah-berkah dan selamat dari kerusakan, dan meminum dari wadah yang terbuat dari tanah liat (tembikar) adalah minuman yang hani’(segar lezat) mari’(Enak) dan sholih (bagus). Dalam kitab tafsir diterangkan Hani’ mengandung obat dan mari’ menolak penyakit. Sebagian Ahli Hikmah berkata : meminum pada tempat tembaga jelek, pada kayu hani’ tidak mari’ dan takutlah minum air panas kecuali udzur, air asin, air keruh, dan air bacin semua itu jelek, jangan minum dari wadah (tempat) yang tidak kelihatan airnya seperti ketel, kendi, tetapi tuangkan pada gelas dan melihatnya kemudian meminumnya.[9]
3. ATURAN UDARA
Ketahuilah badan tidak sunyi dari udara, sebab ruh, pendengaran, penglihatan tidak beramal kecuali dengan bertemu udara, khususnya  roh tidak tegak pada badan kecuali dengan menghirup udara yang Allah telah memastikan hidupnya dengan roh dan roh adalah intinya dan makanannya, sebagaimana makanan makanannya jisim dan yang paling baik udara timur (Shoba) didalamnya keenakan yang besar dan kemanfaatan yang menguatkan roh dan jasad, maka ini yang dinamakan udara yang baik.
adapun angin selatan, utara dan barat tidak seimbang banyaknya panas, dingin dan kekuatan, dan ini baik walau lebih rendah dari yang utama. Dan tidak baik udara ‘Aqimah, Awashif  dan asap dan bau-bau yang bacin (tidak enak) dan yang keluar dari batas keseimbangan baik panas atau dingin semua itu membahayakan ruh, dengan bahaya yang besar, terkadang keluat dari jasad. sebaiknya menutupi dengan katon dari bau-bau yang wangi.. Wallahu A’lam
4. ATURAN BERGERAK
Ketahuilah, sesungguhnya manusia pasti ada sisa makanan dalam lambungnya, sisa makanan yang jelek, jika tidak bergerak pada waktu tertentu maka akan terkumpul bahaya yang besar, mka sebaiknya bergerak dengan gerakan yang ringan dan sedang yang bisa memanaskan jisim dan menghancurkan sisa-sisa makanan dalam lambung, dan gerak yang baik di saat kosongnya lambung dan dinamakan Riyadloh (olah raga), yaitu bergerak dengan gerakan yang ringan dan sedang, seperti naik kuda, berjalan ringan, sedikit kesibukan, membaca dan lain-lain. Olah raga mempunyai ukuran yang maklum sekiranya kulit memerah dan tampak keringat dan tidak baik gerakan sedikit yang membosankan dan cape, dan jangan adanya gerakan setelah makan khususnya kenyang terkadang mendatangkan kepada penyakit yang berat. Wallahu A’lam.
5. ATURAN DIAM
Ketahuilah, Manusia dikala diam tidak lepas dari berdiri, duduk, diam, tidak miring atau lainnya maka tidak baik terus menerus pada sebagian tingkah yang menghasilkan kebosanan, maka itu akan berbahaya pada roh dan badan dengan bahaya yang besar, akan tetapi yang baik diam pada satu keadaan selagi masih semangat jika tampak cape dan bosan maka cari kesenangan pindah pada tingkah yang kedua. Wallahu A’lam
6. ATURAN TIDUR
Ketahuilah, tidur adalah tenangnya panca indra dari bergerak dan menguncupaya berbarengan dengan ronah yang menusuk dari otak kedalam dan uap sedang yang naik dari lambung ke otak. menurut Syekh Ibrohim bin Abdurrohman, tidur adalah udara lembut yang datang dari arah otak menuju hati, kalau ngantuk tidak masuk ke hati.­­­[10]
Dalam tidur ada dua kemanfaatan : 1. Istirahatnya anggota dari hal-hal yang ditemui jisim saat bergerak didalam waktu terjaga, dan senangnya jiwa dari hal-hal yang ditemui jisim dari capenya, baik dari susah atau pikiran dll. maka ini enak yang besar pada jiwa dan badan. 2. sesungguhnya panas yang tajam masuk kedalam lambung ketika tidur maka itu menolong untuk pencernaan makanan. Ukuran tidur yang paling baik 6 / 8 jam pada malam hari dan siang hari, tidur qoylulah walau sekejap maka ia menolong untuk bangun pada 1/3 malam yang akhir, sebagaimana sahur menolong puasa.
Tata cara Tidur:
Tidur miring atas sisi kanan sesaat kemudian pindah ke sisi kiri, jangan tidur kecuali membaca nama Allah dan bangun dengan menyebut nama Allah juga[11].
Tidur ada 4 macam : 1. Tidur tengadah (tidur para nabi) 2. Tidur miring kanan (tidur ulama dan wali) 3. Tidur miring sisi kiri (tidur para sultan) mencerna makanan. 4. Tidur telungkup (tidur syetan).
7. ATURAN TERJAGA (LAWAN TUDUR)
Sebaiknya jangan menyia-nyiakan waktunya dengan batal (tiada berguna), maka semuanya akan buntu. Sayyidina Umar ra bersabda : sesungguhnya saya benci melihat seseorang  yang sabahlala artinya tidak beramal untuk untuk agama dan dunia. Ahnaf bin Qoys berkata : 3 hal yang tidak patut orang berakal meninggalkannya : ilmu untuk bekal akheart dan perbuatan yang menolong atas masalah agamnya dan dunianya dan ilmu tib yang bisa melebur penyakit. Wallahu A’lam.
8 ATURAN JIMA’
Jima tidak baik kecuali saat bergejolaknya syahwat serta adanya persediaan mani, maka sebaiknya mengeluarkannya seketika, karena menahannya itu bahaya yang besar. Jima tidak mempunyai waktu yang ditentukan kecuali ini: walaupun setahun sekali khususnya bagi yang mizajnya shofrowi dan sundawi, karena jima membahayakan karena sedikitnya rutubat (basah simpanan tubuh). Adapun yang mizajnya damawi dan bulghomi, walaupun mampu untuk banyak jima dan adanya persediaan mani maka yang baik seminggu 2 atau 3 kali dengan terpisah-pisah jangan jima 2 kali dalam sehari semalam maka bahaya besar, khususnya ketika cape karena mani itu dari makanan murni yang itu adalah intinya ruh, jika membiasakan banyak jima maka habislah mani, kemudian mengambil dari darah makanan dan dari Ruthubatul Ashliyah (simpanan basah dalam tubuh) maka menjadi penyebab kerusakan, orang yang bayak jima tidak samar pikunnya dengan cepat, sedikit kekuatannya dan cepat tampak uban.
9. ATURAN BERPENGARUHNYA HAL-HAL YANG BARU DATANG.
Bahaya hati adalah susah dan pusing, dan kesenangannya adalah bahagia dan gembira. Adapun Al-Hamm (susah) yaitu tampaknya panas yang menusuk pada luar badan ketika sangat menginginkan hal-hal yang sangat dicita-citakan, jika tidak hasil tujuannya maka terjadi pusing, Al-Ghomm yaitu masuknya udara yang merusak kedalam lambung dari menangnya (tampaknya) Thobi’at Saudawi yaitu tabi’at mati terkadang sebagian manusia mati ketika begitu, dan jika banyak susah dan pusing maka kurus badannya. Sebaiknya jangan menginginkan sesuatu yang sulit dicarinya pada umumnya, dan hal-hal yang adanya juga, kemudian ketika mendapatkan apa yang dicita-citakan berbahagialah dengn bahagia yang sedang jangan terlalu, maka bahagia yang terlalu terkadang mematikan juga.
Diantara hal yang baru datang yang berpengaruh pada jiwa adalah : kemarahan yang sangat dan itu dari syetan la’natullah, dan syetan dari api neraka sebaiknya matikan dengan air, sebagaimana dalam hadits : maka basuhlah dengan air atau sempurnakanlah wudlu dan sholat dua rokaat kemudian membaca :
اللهم اغفرلي ذنبي واذهب غيظ قلبي واعذني من الشيطان الرجيم
Maka ringanlah marahnya dan tenang.
Dan diantara yang berpengaruh pada jiwa lagi adalah : bersesdih hati atas sesuatu yang hilang baik harta atau lainnya, sebaiknya tidak memperbanyak kesedihan yang mendalam, mka sesungguhnya dunia semuanya itu rusak dan se baiknya membiasakan dirinya sesungguhnya : jika ditimpa musibah yang lebih besar niscaya akan lebih bersedih seperti orang yang sedih atas harta yang hilang kemudian berkata :eandainya musibah ini pada roh musibah nicaya lebih besar. Sayyidina Umar ra bersabda: saya tidak terkena musibah kecuali sya melihat sesungguhnya Allah memberi nikmat kepadaku yang didalamnya ada 3 nikmat :
1. Sesungguhnya Allah meringankan musibah atas diriku dan tidak memberi musibah yang lebih besar dari ini sedangkan Allah mampu atas itu.
2. Sesungguhnya Allah menjadikan musibah dalam masalah duniaku tidak mejadikannya dalam masalah agamaku dan Allah mampu atas itu.
3. Sesungguhnya allah memberikan pahala atas musibahku pada hari qiyamat. [12]
10. ATURAN ANGGOTA BADAN YANG UTUH
Sesungguhnya badan tidak tetap atas keadaan yang satu akan tetapi timbul baru baginya sesutqu yang pasti maka sebaiknya merawatnya dan memeliharanya.
Diantara merawat badan dan memeliharanya mandi dari kotoran-kotoran memakai minyak wangi walau 1 minggu sekali, dan sunnahnya hari Jum’at kepala dan seluruh anggot badan diberi minyak zaytun pada malam hari kemudian pada pagi hari kepala dibasuh dengan air dan daun widara dan badan dengan air, juga merawat gigi, menyisir kepala itu sunnah dan menghilangkan susah dan sedih dan jadikanlah air pad musim dingin. Merawat dan memelihara mata dengan celakan tiap malam ketika akan tidur 3/5/7 kali nulai dari sisi kanan diikuti sisi kiri dan itu adalah sunnah. Celakan yang paling bagus adalah batu itsmid. Nabi saw bersabda :
  تكحلوا بالإثمدفإنه يجلوالبصر وينبت الشعر
Bercelaklah dengan batu Itsmid sesungguhnya ia menerangkan pandangan mata dan menumbuhkan rambut. [13]
JANGAN MENAHAN
Sebaiknya manusia jangan menahan Atob (berserdawa), bersin, menguap, sisi (mengeluarkan ingus), muntah, kencing, berak, dan kentut.
Menahan berak menimbulkan kanker, gatal.
Menahan kencing menimbulkan laqwah, Shoda’(sakit klepala) dan Syaqiqoh (strook dikepala) glap mata dan beratnya pendengaran.
Menaahan Atob menimbulkaan batuk, bergetar, dan sakit di hati.
Menahan menguap mmengakibatkan Ro’syah(gemetar), yusbihuljild (merinding) suara serak, banyak lapar mengakibatkan bisu, gelap mata, kepala berputar dan jeleknya budi pekerti.
Menahan nangis mengakibatkan bisu dan pilek. Menaahan Syahwat dari jima’ mengakibatkankan sakit dzakar, trijilan, dan membesarnya trijilan[14]

BAB II
PENGOBATAN
1.       Obat-Obat yang menghancurkan makanan
Menyan arab menghancurkan makanan dan memanaskan lambung jika diminum. Sho'tar (kemangi) Baqol (sayur-sayuran) dimakan sedikit setelah makan maka sedikit bahayanya dan menguatkan pencernaan pada limpah.Filfil (lada)  kuat menghancurkan makanan.
2.       Pencernaan Lemah
Rusaknya pencernaan mendatangkan penyakit yang jelek seperti : asshor'u (Ayan) dan malikhuliya (jeleknya pikiran) penyakit-penyakit ini terkadang terjadinya karena rusaknya makanan sebelum dicerna, diantara penyebab lemahnya pencernaan atau lambatnya adalah : al ghom (pusing) sebagaimana penyebab bagusnya pencernaan adalah : Senang, makanan yang berat itu tersisa dan lama dalam lambung  untuk melaksanakan pencernaannya, atau tidak tercerna atau sedikit yang bisa tercerna, adapun makanan yang ringan jika tidak tercerna maka akan rusak dengan cepat, adapun diantara hal-hal yang merusak pencernaan adalah : Alfajlu (lobak) jika banyak memakannya.
3.       Obat merangsang makanan
Anggur baik untuk lambung, anggur putih lebih baik dari pada anggur hitam.
Kucai (karrots), lada (Filfil), bawang merah jika dipecahkan dan dicium maka merangsang makanan
Menggugurkan rangsangan makanan
Buqlah (sayur-sayuran)[15]
4.       Untuk mengobati penyakit-Penyakit lambung
1.Kandar (menyan arab) jika direndam dan airnya diminum maka bermanfaat, 2. Daroshini (kayu manis), 3. Musthoka (menyan arab) diminum, 4. kurma jika dimakan menimbulkan cairan dilambung, menguatkan campuran shofrowi, dan menjadi maddah (inti) baginya.[16]
5.       Masuk Angin dan menggelembungnya lambung
-Terkadanng Penyebab menggelembungnya (bengkak) lambung adalah makanan,
-Terkadang penyebabnya lemahnya tenaga panas yang mencerna makanan, jika lemah tenaga panas untuk mencerna makanan maka akan menimbulkan uap dan timbul angin, terkadang makanan menimbulkan angin pada lambung dengan wataknya. Seperti : Allubiya (kacang pendek/buncis) dan kacang adas, makan pencernaan tidak bermanfaat kecuali jika tenaga panas yang untuk mencerna makanan sangat kuat.
-Terkadang penyebabnya banyak campuran sawdawi dan sakit limpah, dan sering sekali terjadinya sebab udara dingin dari luar tubuh yang masuk kedalam sebab lemahnya suhu tubuh.
-Terkadang penyebabnya banyak minum air dan tiupan angin timur, setelahnya.[17]
6.       Qoroqir (Bunyi Perut) Lambung Menggelembung Dan Mulas
Ketahuilah : Sesungguhnya penyebab qoroqir yaitu penyebab menggelembungnya lambung akan tetapi mengobati qoroqir lebih sulit, maka sebaiknya menjadikan hal-hal yang menguatkan lambung jangan sampai lambung menggelembung.
Obat : Jika Disebabkan memakan makanan yang menimbulkan menggelembungnya lambung maka meninggalkannya dan tidur dengan meletakkan bantal dibawah perutnya.
Jika Disebabkan dingin dan angin maka diobati dengan obat mengusir angin.
Untuk mengobati qoroqir minum obat selam tiga hari setiap hari 1tengkuk jinten putih, dan setengah tengkkuk musthoka (menyan arab) sebelum makan apa-apa,
Diantara yang menyembuhkan penyakit qoroqir, menggelembungnya lambung, masuk angin dan ulat pada lambung adalah : masak sho'tar (kemangi) dengan air disaring kemudian diminum sebelum makan apa-apa,
Alkarowiya (Jinten) mengusir angin jika tiap hari 2 dirham sebelum makan apa-apa dengan melumat dimulut hinga lembut kemudian telan maka sembuh.
Al-kammun (Jinten Putih) jika ditumbuk terus diminum maka bermanfaat dari masuk angin, lambung menggelembung, dan angin yang berat.
Gula jika diminum dengan air bersih maka baik untuk menyembuhkan lambung.
Bawang putih melepaskan angin yanng menggelembung jika diminum melepaskannya dengan kuat.
Musthoka (menyan Arab) jika diminum dengan ditumbuk dan dilumati dengan madu maka memanaskan lambung dan mengusir angin. [18]
DAULKHAYYAT DAN DAUTSTSA'LAB
Dautsa'lab yaitu : penyakit yang merontokkan rambut hingga kulitnya seperti bawang, syaikhuna berkata dalam kitabnya : dautstsa'lab yaitu hilangnya rambut dalam suatu tempat di kepala kira-kira ukuran dirham (uang koin) atau lebih kecil, perbedaan keduanya adalah dautsa'lab kulit kepala halus, sedang daulkhayyat kulit kepala kasar, kedua penyakit ini bisa timbul di seluruh badan hanya saja kebanyakan timbulnya di kepala, jenggot sebagaimana dikatakan oleh syekh assamarqondi, penyebabnya adalah cholat saudawi.
Obat : awali dengan mengeluarkan cholat saudawi, kemudian lewatkan pisau cukur pada semua kepalanya dan cukur semua rambut terus olesi dengan bawang merah dan madu, dalam sebagian kitab : sesungguhnya kotoran tikus jika dioleskan pada dautstsa'lab maka bermanfaat dan menumbuhkan rambut, diantara obatnya adalah : teracak kambing kacang di bakar dan abunya di adon dengan cuka yang masam dan dioleskan maka bermanfaat, kotoran tikus dihaluskan  dicampur dengan minyak zet dan dioleskan pada dautstsa'lab maka sembuh, khususnya jika dibakar dan diadon dengan air bawang merah maka tumbuh rambut dengan di oleskan.[19]
MENGUATKAN RAMBUT DAN MENCEGAH RONTOK
Timah dibuat lempengan di olesi lemak kemudian digosok-gosokkan pada rambut maka kuat rambutnya dan mencegah kerontokan.
Al-fujlu ( lobak ) jika melanggengkan memakannya maka bermanfaat dari kerontokan rambut.[20]
RAMBUT PECAH-PECAH DAN PATAH-PATAH
Diantaranya daun ketumbar yang basah ditumbuk terus diperas airnya kemudian dibasuhkan pada rambut [21]
MENGERITINGKAN RAMBUT
Sabun jika dibasuhkan pada kepala maka rambut ikal (keriting)
MENGHILANGKAN KETOMBE DIKEPALA
Daun inay diadon dengan cuka dioleskan pada kepala
Allubban asysyajari (menyan arab) dibasuhkan pada kepala dengan air
Garam ditumbuk decampur cuka dibasuhkan pada rambut maka bersih dari ketombe.
Bawang putih dicampur madu dioleskan dikepala setelah mencukurnya.
MEMUTIHKAN RAMBUT,MEMPERCEPAT UBAN
Air mawar jika banyak menggunakannya maka rambut putih
Diantara yang mempercepat uban AL-kafur (aspoko/kapur barus), banyak jima', banyak mandi hangat, banyak mikir dan banyak pusing.
MENGHITAMKAN RAMBUT
Afshun (terengguli) direndam pada air dan cuka maka menghitamkan rambut
Terengguli ditumbuk dan diadon dengan daun inai maka menghitamkan rambut dengan hitam yang sangat.
OBAT LUKA KEPALA
Minyak mawar : menghilangkan luka kepala yang basah jika dinuat minyakan.
Jinten putih dicampur minyak zet diletakkan pada kepala maka menjaganya.
Al-kandar (menyan arab) direndam pada air dan dibasuhkan pada kepala maka bermanfaat
Minyakjarak jika dioleskan pada kepala maka menyembuhkan luka basah dikepala.
SODA’ ( SAKIT KEPALA )
SODA’ (Sakit Kepala) timbul dari jima, fikiran, berteriak, lapar, dan dari makanan-makanan yang mengandung angin pada lambung dan mengandung uap.
- Minyak lembayung : bermanfaat sekali dari sakit kepala yang panas
- Za’faron jika dihaluskan dengan cuka dan dioleskan pada sakit kepala maka bermanfaat.
- Kapur barus : dicampur dengan minyak mawar dan cuka kemudian dioleskan maka sembuh.
- Air mawar : dicium atau dipercikkan .

Hal-hal yang menyebabkan soda’(sakit kepala):
banyak makan dan minum menyen arab, kucai, bawang putih, bawang merah jika dilanggengkan, susu jika dilanggengkan. Terong berbahaya pada soda’ dan syaqiqoh (sakit kepala separuh kepala dan wajah) dll.
SYAQIQOH : sakit kepala dari separohnya kepala dan wajah.
sebabnya : naiknya uap dari lambung jika ringan maka ringan, jika berat maka berat, dan merasa enak jika muntah.
Rambut manusia jika digantungkan pada penderita suaqiqoh, maka hilang penyakitnya.[22]
LUPA
Sesungguhnya lupa termasuk penyakit otak dan kebanyakan dai jeleknya mizaj dingin basa dan membasahi otak. Dan penyakit lupa timbul dari hal-hal yang menimbulkan bulghom (dahak) dan pada otak dari makanan dan lainnya dan kebanyakan timbul dari makan bawang merah dan kenyang yang sangat dan banyak makan buah-buahan.
Hal-hal yang menimbulkan lupa adalah : makan ketumbar basah, apel masam, banyak susah membaca dalam kuburan, melihat air yang diam, kencing di air yang diam, melihat salib berjalan diantara dua unta dan wanita membuang kutu yang hidup dan makan bekas rikus.[23]
HAFALAN
Laki-laki datang kepada sayyidina Ali kr.w mengadu tentang lupa. Sayyidina ali menjawab : tetaplah makan menyanarab maka ia menguatkan hati dan menghilangkan lupa. Sayyidina Ibnu Abbas bersabda : 1 mitsqol gula, 1 mitsqol menyan arab selama 7 hari itu baik untuk kencing dan lupa, dan berkata : tetaplah dengan menyanarab direndam pada malam hari dan ketika pagi diminum sebelum makan apa-apa maka itu baik untuk penyakit lupa. Imam Az-Zuhri berkata : siapa ingin hafal hadits maka makanlah anggur kering. Syekh Hammad bin Zaid ditanya apakah yang paling menolong hafalan, ia menjawab : sedikit bulghom (jelagrah/dahak). Nabi saw. bersabda : siapa ingin hafalan maka makanlah madu, asap rambut manusia jika trus mengepusnya maka hilang lupanya[24]
OBAT MENGUATKAN OTAK
Jahe jika dikulum bersama mustoka (menyan arab) maka turun dari kepala dahak  yang banyak. Jinten putih jika dihaluskan dan diletakkan pada kain dan dicium terus-terusan maka bermanfaat pada otak. Cengkeh jika diminum maka otak kuat dan mencegah uap yang naik ke otak. Minyak mawar menguatkan otak jika dipakai minyakan dan menghangatkan badan yang sangat dingin, juga bisa mendinginkan badan yang sangat panas.[25]
Hal-hal yang merusak Otak dan Menarik Lupa dan Bodo
Ketumbar basah jika banyak memakannya merusak otak, apel semuanya menimbulkan lupa, lalai, bodoh dan malas dan apel yang masam lebih kuat jika untuk sarapan pagi. bawang merah banyak memakannya dapat merusak otak dan menarik lupa. Afyun (opium) membutakan kefahaman dan merusak otak[26]
Jerawat dan bintik hitam
Kulf (jerawat) yaitu berubahnya wajah dengan biji-biji yang bermacam-macam, terkadang kering dan terkadang bernanah, penyebabnya adalah : campuran sandawi di bawah kulit wajah.
* Obatnya jika kering tumbuklah daun inai bersama bawang putih yang dibakar diatas abu yang panas, dengan tumbukan yang haslus dan adonlah dengan madu terus dioleskan pada jerawat atau bintik merah dan tinggalkan sampai pagi terus dibasuh dengan air panas yang dicampur garam dan nukholah. Lakukan beberapa hari maka akan sembuh. Kayumanis (darosini) jika ditumbuk dan dicampur dengan madu lalu dioleskan ke wajah maka hilang jerawat. Jahe : jika membiasakan memakannya akan membaguskan wajah / warna kulit. kunig telor : jika dikeringkan kemudian ditumbuk untuk olesan jerawat. Sho’tar (kemangi) membaguskan warna kulit jika diminum atau dimakan[27]
Butsur (jerawat, bisul kecil)
Maka tampak pada wajah, hidung, jerawat putih seolah-olah titik susu jika ditekan maka akan keluar seperti samin kental.
*Obat : Darosini (kayu manis) jika dihaluskan dan dicampur dengan madu terus dioleskan pada jerawat wajah maka bermanfaat. Syuniz (jinten ireng) jika dioleskan bersama cuka maka bisa membedol jerawat (bisul kecil) yang ada diwajah[28]
Sakit telinga
Penyakit telinga adalah sumbatan yang ada di dalamnya dari angin dingin maka timbul penyakit telinga atau sedikit pendengarannya atau tuli tiba-tiba atau mengalirnya nanah.
Jika pada telinga ada dengungan dan gaungan dari panas maka teteskan minyak mawar dan cuka, juga dari rasa dingin,
Dari panas diketahui dengan kuatnya rasa sakit dan panas, adapun yang dingin sebaliknya.
Diantara yang memberi kemanfaatan pada beratnya pendengaran dengungan dan mangalirnya nanah atau air maka teteskan kedalamnya air bawang merah, air kencing anak menyusui atau sapian maka menghilangkan dengungan telinga.
Putih telor  jika diteteskan pada telinga yang abuh (bengkak) dan panas maka akan dingin dan penyakit sembuh.
Ulat dalam telinga atau hewan. Bawang merah jika ditumbuk airnya diperas terus dipanaskan pada api setelah dingin diteteskan pada telinga maka membunuh ulat yang didalamnya. Cuka dipanaskan setelah dingin diteteskan pada telinga maka membunuh ulat[29]
terkadang penyakit telinga timbul dari panasnya mentari, mandi air hangat, gerakan keras (bengis), muntah, berteriak dan kenyang perut[30]
Mata
Setiap mata tersusun dari bermacam-macam perkara yaitu 7 lapis dan 3 basah (rutubat), adapun lapisan mata seperti kulit bawang, jika sebagian terkena bahaya maka yang lain mengikutkannya. Adapun 7 lapisan adalah : 1. Asholibiyah 2. Masyimah 3. Assyabakiyah 4. Ankabutiyah 5. Al-Qoroniyah 6. Babul Multakhamah
Adapun rutubat (basah-basah) adalah 1. Azzujajiyah (semacam kaca) 2. Aljildiyah (sebangsa kulit)3. Albaydloh (semacam tlor).
Ketahuliah sakit mata ada 5 macam : Romad (sakit mata) merah pada kedua mata, Rutih, Ghosyawah (rabun) dan lemahnya penglihatan.
1. Romad alamatnya adalah merah pada kedua mata membesarnya otot mata, banyaknya basah, atau pada mata  ada batu yang berputar penyebabnya adalah campuran damawi. Obat : putih telor dioleskan pada telapuk mata, jika terasa akan sakit mata (permulaannya) maka putih telor jika dioleskan berulang-ulang siang dan malam pada telapuk mata maka akan tercegah sempurnanya sakit mata dan bermanfaat dari sakit mata, minum cuka juga bermanfaat untuk sakit mata.
Romad (sakit mata) itu terjadi dari inti panas, dari dahak dan campuran saudawi(sebangsa hitam) dan banyak terjadi di negara yang panas, akan tetepi mudah hilang dan sedikit di negeri beriklim dingin akan tetapi sulit.
a. Romad sofrowi : gatal yang sangat dan rasa sakit yang panas yang melahap-lahap
b. Romad Humroh : lebih sedikit panasnya
c. Romad Dum’ah : tipis panasnya
Bagi penderita sakit mata secara keseluruhan adalah sebaiknya menyedikitkan makan dan meringankannya, sebaiknya bagi orang sakit mata jangan banyak bergerak, jangan memberi minyak pada kepala, dan pada sekelilingnya berwarna hitam dan hijau dikepalanya digantungkan kain hitam, berada ditempat gelap, jangan melihat warna putih, sinar dan baik sekali menarik tidur, jangan panjang rambutnya maka akan menambah sakit mata, dan jangan menundukkan kepalanya (mata mengarah kebawah)
*Pantangan : bagi penderita sakit mata : menjauhi makanan yang berat dan jelek, jima’,lapar,  kenyang, banyak minum, jangan telungkup, jangan muntah, jika tidur sebaiknya dengan tengadah dengan jitoknya (leher bagian belakang) dan bantalnya yang tinggi. Juga menjauhi hal-hal yang membahayakan mata seperti asap, debu, sinar atau dipegang dan menjauhi makan bawang merah, bawang putih, kucai, menjauhi minum susu dengan segala jenisnya, dan jima’ jangan lama-lama saat sujud sholat.
* Obat : Diantara Obatnya yang mujarab adalah : mentega dioleskan pada telapukan mata maka bermanfaat pada penyakit sakit mata dan mata merah.
2. Mata memerah jika tampak mata memerah serta keringnya kedua mata juga sejumlah wajah dan otak maka penyebabnya adalah bertambahnya cholat shofrowi diketahuinya cholat shofrowi pada kedua mata : turun kedalam mata air kuning dan itu sebab kebutaan. Alamat turunya air kuning adalah banyaknya air mata dan ruthubah (basah-basah) kedalam mata tanpa sebab.
*Pantangan : menjauhi makanan yang panas, pedas, asin dan asam, seperti pedas cabe,jahe, bawang putih, bawang merah dll
* Obat : garam dicampur madu maka hilang darah dibawah mata.
Jadam pahit jika dicamur madu maka hilang bekas darah yang ada di ruas mata dan telapukan.
Thorfah : Mata suram (betem) sebab pukulan atau tamparan terkadang ada bekas titik merah pada mata, penyebabnya adalah : pukulan atau tamparan atau mendidihnya darah terus mengalir ke mata dan memancarnya darah, diantara penyebabnya gerakan yang keras.
Obat : teteskan susu wanita pada mata maka bermanfaat, jinten putih dikunyah dan peras airnya terus teteskan pada mata maka bermanfaat dan memotong darah yang mengalir, Kuning telor yang direbus dicampur minyak mawar letakkan dan oleskan pada mata maka sakit hilang, [31]
3. Putih Mata yaitu air putih yang turun dari otak
Alamatnya : putih tipis pada atas qoronia (cornea) atas berat didalamnya.
Menjauhi makanan yang menimbulkan bulghom (dahak) dan berat, jika telah diketahui dari dahak maka turun air hijau dan biru. Obat : amperu kelinci, atau celakan kunyit.
4. Rabun mata : yaitu tidak bisa melihat sesuatu pada ,alam hari hinggaseperempat malam, yaitu basah-basah yang turun kedalam mata, penyebabnya adalah cholat saudawi. Obat : celakan dengan madu saat keluar matahari.
5. Dlo'fil bashor (lemah penglihatan) : tidak bisa melihat sesuatu yang kecil seperti rambut, benang kecil, tidak bisa memasukkan benang pada lobang jarum, dan penyakit ini berselisih pada manusia, sebaiknya menjauhi makanan yang berat, seperti biji mentah, makanan berat yang menimbulkan saudawiyyah, sepeti daging sapi, jagung, terong dll. Dan rutubat (basah-basah) yang masam seperti cuka, delima, asam, dll. Dan sesuatu yang pedas seperti bawang merah, bawang putih lada, jahe dll dan yang asin rasanya.
Obat : kunyit (kurkum) jika dibuat celakan menguatkan mata, jahe dipakai celakan, cengkehdipakai celakan, bagi orang yang sering terkena sakit mata maka jangan makan karrots (kucai).
6. Dum'ah : ditepi mata basah selalu obat za'faron (sejenis kunyit ) jika dihaluskan dan dipakai untuk celakan maka kering air mata (addum'ah).
7. Assai'l : pada putih mata dan hitamnya terdapat otot merah yang tebal  dan itu termasuk penyakit yang sullit sembuhnya,
obat : cengkeh dibuat celakan jika dicampur garam bersama obat mata maka kuat pengaruhnya.
8. rambut yang terdapat pada mata yaitu : timbul dari basah yang afunah (bau busuk) yang berkumpul di telapukan mata.
Obat : cabut rambut dan pada tempat rambut diolesi empedu (amperu:jawa) kambing kacang maka hilang rambut dari dalam mata dan tajam penglihatannya. Air delima manis dan masam jika diperas dengan syahmahnya (daging yang menempel pada biji delima) ditempat dan dipakai celakan maka hilang gatal, kudis, mengalirnya air mata, dan rambut serta kuat penglihatannya.
9. Al-hisya yaitu : Timbul hal yang baru pada telapukan mata sulit bergerak, sulit membuka atau menutup, sebab sakit atau merah-merah tanpa basah-basah, mesti kebanyakan belek kering yang keras dan terkadang dari gatal, obatnya : makan sesuatu yang basah sifatnya diletakkan bersama putih telor dan minyak mawar diatas mata.
10. Kuning mata tanpa seab yang dlohir : ketahuilah sesungguhnya penyebab kuning mata bagian dalam iu banyak antara lain membiasakn tidur bertengadah, sedikit makan, banyak mengkonsumsi makanan yang sifatnya kering tanpa lauk, atau berwatak dingin dan makan panas.[32]
11. Turunya air kedalam mata yaitu: Basah yang membentang penyebab terjadinya adalah : dari muntah yang sangat,atau pukulan, atau terjangan pada kepala atau mata, terkadang dari dingin yang sangat.





[1] Sokrates : Ahli kedokteran Yunani dan pemimpin ahli hikmah, dan sampai sekarang quburannya diziarahi.
[2] Syekh Muhammad bin ahmad bin utsman adzdzahbi, Attibb Annabawi , hal: 33, Assa'biyyah beirut
[3] Tashilul Manafi’i hal 4 assa'biyyah. Beirut.
[4] Syekh Muhammad bin ahmad bin utsman adzdzahbi, Attibb Annabawi , hal: 180, Assa'biyyah. beirut.

[5] Syekh Muhammad bin ahmad bin utsman adzdzahbi, Attibb Annabawi , hal: 180, Assa'biyyah. beirut.
[6]  Tashilul Manafi’i hal 5 assa'biyyah. Beirut
[7] Tashilul Manafi’i hal 92 Assa'biyyah. Beirut
[8] attib Annabawi
[9] Syekh Jalaluddin Assuyuti. Attib warrokhmah hal 19
[10] Tashilul Manafi’i hal 93
[11]  Syekh Jalaluddin Assuyuti. Attib warrokhmah hal 23
[12] Syekh Jalaluddin Assuyuti. Attib warrokhmah hal 23
[13] Syekh Jalaluddin Assuyuti. Attib warrokhmah hal 23
[14] Tashilulmanafi’
[15] Tashilul Manafi’i Hlmn 59
[16] Tashilul Manafi’i Hlmn 160
[17] Tashilul Manafi’i Hlmn 60
[18] Tashilul Manafi’i Hlmn 60
[19]  Tashilul Manafi’i Hlmn 88
[20] Tashilul Manafi’i Hlmn 89
[21] Tashilul Manafi’i Hlmn 89
[22] Tashilul Manafi’i Hlmn 95
[23] Tashilul Manafi’i Hlmn 95
[24] Tashilul Manafi’i Hlmn 96
[25] Tashilul Manafi’i Hlmn 96
[26] Tashilul Manafi’i Hlmn 96
[27] Tashilul Manafi’i Hlmn 98
[28] Tashilul Manafi’i Hlmn 98
[29] Tashilul Manafi’i Halmn 99
[30] Tashilul Manafi’i Halmn 100
[31] Tashilul Manafi’  Hlmn 103
[32] Tashilul Manafi’i Hlmn 108

Related Posts: