بسم الله الرحمن الرحيم
الحمدلله
المتقدس عن الأضداد المنزه عن الأولاد الذى يرشدعبده ويهديه وإذامرض فهو يشفيه وإذاضعف
فهو يقويه وهوالذى يطعمه ويسقيه ويحفظه من الهلاك ويحميه ويحرسه بالطعام والشراب
عمايرديه أشهدأن لاإله إلاالله وحده
لاشريك له الكريم الديان وأشهدأن محمداالمختارمن ولدعدنان صلى الله عليه وآله صلاة
مصونة عن الإنصرام دائمة يداوم الليالى والأيام
Ilmu Tibb (kedokteran)
adalah ilmu yang besar Manfaatnya yang luhur derajatnya
masyhur keutamaannya yang ditetapkan syariat keashliannya : dalam alquran : وكلواواشربوا ولاتسرفوا إن الله لايحب المسرفين (artinya makanlah kamu sekalian dan minumlah
kamu sekalian dan janganlah kamu sekalian berlebih-lebihan,sesunguhnya Allah
tidak menyenangi orang yang berlebih-lebihan)adapun dalam hadits nabi saw:
العلم
علمان علم الأديان وعلم الأبدان فعلم الأديان وهو الفقه وعلم الأبدان وهو الطب
Artinya
: ilmu itu ada dua macam ilmu Adyan (agama) dan ilmu Abdan
(kesehatan badan) ilmu Adyan yaitu alfiqh dan ilmu abdan adalah attibbu
(kedokteran)
Benar
bahwa nabi berobat dan memerintah untuk berobat, para shohabat selalu
melaksanakan berobat jika sakit dan orang-orang yang setelahnya. Hadits nabi
saw tentang memerintah berobat :
قال النبى
صلى الله عليه وسلم ياعبادالله تداوو فإن الله لم يضع داء إلاوضع له شفاء غيرداء
واحد قالوايارسول الله قال الهرم
Artinya
: Nabi Saw bersabda : wahai hamba-hamba Allah berobatlah kamu sekalian maka
sesungguhnya Allah tidak meletakkan penyakit kecuali Allah meletakkan obatnya
selain penyakit yang satu yaitu penyakit Harom (pikun)
Yang
diharapkan dalam Ilmu
Tibb adalah penyebab untuk menolak penyakit dan menarik kesembuhan
sebagaimana dagang penyebab untuk mendapatkan uang, Al-Hakim soqrates[1] berkata : Thobib (orang yang
mengobati ) sebaiknya taqwa kepada Allah, taat kepadaNya, memberesi hatinya, menjaga
rahasia pasien, kalau bisa menjauhi obat najis khususnya arak, senang mengobati
orang faqir dan miskin, omongannya lembut dan halus, mendekatkan diri kepada
Allah.[2]
Adapun
melakukan himyah (pencegahan memakan makanan) yaitu mencegah makanan-makanan
yang bisa menambah penyakit jika seseorang melakukan himyah maka sakit terhenti
dan menambah kekuatan untuk menolak penyakit. Dalam hadits : الحمية رأس الدواء (Memantang itu bibit obat) Nabi memerintah
himyah dan hal-hal yang membahayakan penyakit, Imam tirmidzi meriwayatkan ummilmundzir
berkata: rosulullah saw bersama sohabat Ali bin Abi Tholib ra. Masuk kedalam
kebunku dan aku sedang berada di dalam kebun dan aku mempunyai buah Dawwal
kemudian rosulullah memakannya dan sohabat ali pun ingin memakannya lantas Nabi
Saw berkata kepada Ali jangan ali kamu harus menyembuhkan penyakitmu
ummulmundzir berkata makanan ini sambil memberikan makanan lain yang disertai
gandum kemudian nabi bersabda : makanan ini lebih cocok untukmu. HR. Tirmidzi.
ILMU
THOBI'AT (WATAK)
Ketahuilah ! sesungguhnya
dunia seisinya diciptakan dari Empat unsur api, tanah, angin, air,
penjelasannya panas, dingin, kering dan basah.[3]
Dan
dalam badan terdiri dari empat unsur yang lain yaitu : Marrotusshoshofro,
Marrotussauda, Addamawi, dan Bulghomi.
1.
Cholat shofrowi ( campuran kuning) : Wataknya panas kering asalnya dari unsur
api tempatnya pada Manusia di Almaroroh (Empedu).
2.
Cholat Damawi (campuran sebangsa darah) : Wataknya panas basah dari unsur angin
tempatnya di kabid (jantung)
3.
Cholat Bulghomi (campuran sebangsa dahak) : wataknya dingin basah dari unsur
air tempatnya di paru-paru.
4.
Cholat saudawi (campuran sebangsa hitam) : wataknya dingin kering dari unsur
tanah tempatnya di thihal (limpah)
Bahagia
dari darah, panas dari shofrowi, rasa takut dari saudawi, dan susah
daribulghomi.
Maka
dengan keempat cholat ini menjadi tegaknya badan, baiknya serta rusaknya.
Sebagaimana yang akan disebutkan. Maka obatnya cholat shofrowi setiap makanan
yang berwatak dingin basah, obatnya cholat saudawi setiap makanan yang berwatak
panas basah, obatnya cholat bulghomi, setiap makanan yang berwatak panas
kering, obatnya cholat damawi setiap
makanan yang berwatak dingin kering. Maka obat setiap penyakit itu
kebalikannya.
Jika
keadaan makanan benar-benar seimbang dari keempat cholat tersebut maka keadaan
badan sehat dan thobiat mengeluarkan uap
yang baik ke hati kemudian uap tersebut naik keotak, dan keseluruh tubuh dengan
kesehatannya, maka ia akan selalu sehat, dan jika sebagian cholat bertambah dan
menang dalam banyak dan penyerangannya terhadap cholat yang
bertentangannya, maka akan jatuh sakit
sebagaimana yang akan diterangkan tentang bertambahnya thobiat Insya Allah.
Pengaranng
kitab Arrohmah Syekh Jalaluddin Assuyuti
berkata : Mengetahui tentang makanan yang dikonsumsi manusia ketahuilah
sesungguhnya dengan makan bisa menegakkan badan, menetapkan roh dalam badan,
dan dari makan terjadi baik dan rusaknya badan, sesungguhnya makanan jika telah
tercerna dan keluar dari pencernaannnya maka thobiat meluap-luap dan menarik
rasa ingin makan ini yang dinamakan lapar, jika tidak mendapatkan inti makanan
maka cenderung memekan Ruthubat
al-Ashliyah (cairan-cairan simpanan dalam tubuh) jika kuat maka
padamlah Al-Haroroh
al-ghoriziyyah (suhu tubuh), dan itu penyebab kerusakan tubuh.
Jika
mendapatkan makanan maka gigi depan memotongnya, gigi siung memecahkannya, dan
gigi geraham menutunya, lidah membolak balikannya, jika kunyahan telah halus
maka disalurkan ke kerongkongan ke paru-paru sebagai mulut lambung sebab lambung
itu seperti botol mempunyai leher dan lambung jika sampaikelambung dengan
sedikkit-sedikit maka itu yang dinamakan kenyang, jika makanan sampai ke lambung
maka pintu lambung tertutup dari arah bawah (dalam) dan mengolah makanan yang
ada didalamnya, jika telah diam atau berhenti pengolahannya maka butuh air maka
pada saat itu terasa haus dan membutuhkan air agar lambung memungkinkan untuk
membolak-balikan makanan dan membasahinya supaya tidak terbakar, maka jika
telah sempurna pengolahannya dengan air maka seperti Al-Hasywi Arroqiq
(minuman yang lembut) sedang antara lambung dan kabid (jantung) ada terdapat
otot-otot yang didalamnya untuk menyalurkan makanan dari lambung kekabid, maka
kabid menyedot makanan yang paling baik kemudian diolah kembali hingga menjadi
darah, ketika telah menjadi darah maka kabid menyalurkannya keseluruh anggoata
tubuh, dan makanan-makanan yang tersisa di serahkan ke usus kemudian kabid
menyalurkan ke hati makanan-makanan yang paling baik, ke paru-paru makanan yang
paling lembut, ke otak yang paling bagus, dan ke tulang yang paling kasar dan
paling kering. Juga masih ada sisa fudlolat (lebihan-labihan) maka satu
bagian dislurkan kepada Al-Maroroh (empedu), dan di beri nama Al-Marrotushshofro, dan satu
bagian ke limpah dan di beri nama Al-Marrotussauda, al- maroroh disalurkan ke usus maka menolong
atas keluarnya ludah, dan dari limpah menyalurkan ke mulut lambung maka mengingatkan
rasa ingin makan, dan darah dibarengi air agar menjadi lembut bisa disalurkan
ke saluran-saluran yang sempit, kemudian air kembali lagi ke kabid dan
disalurkan ke ginjal dan kantong kemih, yang dinamakan Al-Baul (air
kencing), dan itu dibarengi sedikit darah untuk Nutrisi ginjal dan kantong
kemih.[4]
Ketahuilah sesungguhnya pencernaan lambung bersisakan air
kencing, cholat saudawi, dan cholat shofrowi, pencernaan seluruh anggota badan bersisakan
keringat dan kotoran, dan setiap anggota mempunyai sisa pencernaan, sisa
pencernaan otak ingus dan ludah, sisa pencernaan mata belek, belek terasa asin
agar tidak berbau busuk, sisa pencernaan hati dan kantung kemih tumbuhnya
rambut yang diperintahkan syariat untuk mencabutnya jika rambut ketiak, dan
mencukurnya jika rambut 'Anah
(jembut),
sisa pencernaan telinga kotoran telinga rasanya pahit agar tidak ada ulat didalamnya,
maha suci allah yang maha kasih sayang. Yang maha menciptakan dan maha
menggambar. Ketika sulit melestarikan jenis dengan satu macam maka Allah
menciptakan anggota-anggota untuk bisa melangsungkan keturun yaitu dzakar dan
untsayaini (trijilan) bagi laki-laki dan rahim serta payudara untuk perempuan.[5]
BERTAMBAH
DAN MENANGNYA CHOLAT(CAMPURAN) YANG EMPAT
BERTAMBAHNYA CHOLAT
(CAMPURAN) SHOFROWI
Jika
seseorang banyak mengkonsumsi makanan yang menimbulkan campuran shofrowi maka
yang berwatak panas kering seperti madu, daging kambing kibas yang berumur satu
tahun dll, watak berpaling dari lambung ke otak dengan uap shofrowi yang tidak setabil
maka akan menimbulkan penyakit sakit kepala (shoda'), syaqiqoh (sakit kepala
separoh kepala dan wajah), sedikit tidur, otot berdenyut dengan kuat, dan
panasnya kulit.
Menyetabilkannya
mengkonsumsi makanan yang berwatak dingin basah, seperti makan gula putih, samin
kambing kacang, gandum, al-qutstsa(sebangsa mentimun)semangka masam, maka akan
setabil dengan cepat khususnya dibarengi dengan menjauhi makanan yang berwatak
panas kering, jika meremehkan anjuran ini artinya tetap memakan makanan yang
menimbulkan cholat shofrowi maka akan menimbulkan penyakit yang berbahaya
seperti : yarqon (penyakit kuning) sakit telinga, sakit persendian, pecahnya
jari-jari,gatalnya telapukan mata, kuning gigi, butsur (bisul-bisul seperti
jaerawat), sakit tulang rusuk, campak, waj'ullahat (sakit anak lidah),sakit al-ghobb(1
hari sakit 1hari sembuh), jika tampak salh satu penyakit maka butuh
mengeluarkan campuran shofrowi.
Alamat
menangnya campuran shofrowi :
Diantara
alamatnya adalah : kuningnya warna kulit dan mata, mulut pahit, lidah kering,
kedua lobang hidung kering, bisul-bisul di kepala, terasa enak tiupan angin
dingin, sangat haus, muntah, campuran shofrowi, sakit kepala, dalam tidurnya
mimpi api, matahari yang panas, kilat, perang, selalu susah dan pusing jika
shofrowi sangat terbakar maka menjadi saudawi. Wallohu a'lam[6]
Bertambahnya
Cholat Damawi (campuan hasil pengolahan makanan yang hingga menghasilkan darah)
Jika manusia banyak
memakan makanan yang menimbulkan campuran damawi yang berwatak panas basah
seperti lemak yang dimasak, manisan atau lainnya maka thobiat badan bergejolak dengan
banyaknya darah, maka menjadi uap kedalam otak dengan uap basah, maka akan
timbul sakit kepala yang besar, mendidihnya suhu badan, termasaknya badan dan
lemahnya panca indra, jika itu di obati dengan minum cuka, delima yang masam, dan
mengkonsumsi segala makanan yang rasanya asam maka badan setabil dan badan
terasa sehat, dalam sebagian kitab Attibb obat cholat damawi adalah setiap
makanan yang berwatak panas kering seperti adzdzurroh (jagung) dan susu yang
masam.
Jika
meremehkan tidak memperhatikan aturan-aturan diatas maka akan terjerumus
kedalam penyakit yang berat seperti mendidihnya darah merah, sakit tenggorokan,
radang selaput dada, sakit kabid (jantung) limpah, usus, untsayaini (trijilan)
maka jika telah terjadi seperti ini maka butuh cantuk (mengeluarkan darah)
Alamat
menangnya campuran damawi : penuhnya badan, gatal, badan dan kepala terasa
berat, ayan, dalam tidurnya mimpi : mimisen, dan cantuk.
Bertambahnya
Cholat Bulghomi (Campuran Hasil Dari Pencernaan Dan Menghasilkan Bulghom/Dahak)
Jika
seseorang mengkonsumsi makanan yang menimbulkan cholat bulghomi maka timbul uap
yang dingin lagi basah dan terjadilah badan lemah, persendian gembur, panca
indra berat, dan tampak penyakit bulghom, jika mengobatinya dengan makanan yang
bisa menyetabilkannya maka seperti madu, jahe,lada, al-qurfah (kulit kayu
manis), jagung, minyak wijen, musthoka (menyan arab) maka kondisi badan setabil
dan sehat, jika meremehkan aturan diatas maka cholat bulghomi akan bertambah,
dan akan menderita penyakit yang berat, sulit sembuh dan merana.seperti Baros
(pada badan terdapat warna putih yang sangat), falij (mati sebagian anggota
badan) saktah (mati anggota badan sebagian atau seluruhnya), shoda' (sakit
kepala) yang dingin, jarob (kudis) bau mulut tidak enak, busuknya ketiak, dinginnya
kabid (jantung), limpah, rasa takut, sulit melahirkan, sakit panas alwardi, sakit
kepala al-muthbiqoh.
Alamat
menangnya cholat bulghomi : diantara alamatnya banyak ludah, badan dingin,
sedikit nafsu makan pada pagi hari, sedikit bersin, lemah lambung dan
pencernaan, atob asam, putih air kencingnya, banyak tidur, malas dan lupa.
Dalam tidurnya mimpi hujan, air, telaga, mandi dan renang.
Bertambahnya
cholat saudawi
Jika
banyak mengkonsumsi makanan yang menimbulkan cholat saudawi seperti kacang
adas, jagung, susu sapi, terong dll. Maka bergejolaklah cholat saudawi,
penyakit saudawi dimulai dengan lemahnya badan, banyak bersin, sedikit tidur,
sebaiknya badan disetabilkan dengan minum madu, dan dicampur dengan 1rithl
madu, 1dirham (48 biji gandum) jahe dan 1 dirham lada, yang keduanya telah
ditumbuk ditambah musthoka (menyan arab). Atau minum susu sapi dan gula, dan
mengkonsumsi makanan yang berwatak panas basah yang ringan seperti susu, samin,
gula merah (al-qindi : tebu), pisang yang matang yang tidak lemah (bosok),
kucai, susu kambing domba (dlo'ni), maka badan akan setabil dan sehat.
Jika
meremehkan aturan diatas maka akan menderita penyakit-penyakit yang sulit
sembuh yang merana, sepertii kusta, al-jarob (kudis), gatal-gatal, falij (mati
separoh badan), saktah (mati anggota badan atau seluruhnya), ringan kepala,
ruaf (mimisen), tsaalil (kutil) basur (ambeien) ashshor'u (ayan), malikhuliya
(sejenis penyakit gila : pada diri penderita timbul pikiran-pikiran yang jelek
dan dirinya dikalahkan oleh rasa takut dan sedih terkadang pingsan/ayan, terkadang
ngomong dengan pikiran-pikiran dan dicampur dalam omongannya), quwaba ( sejenis
penyakit kusta tapi lebih rendah) al-bahqu (panu), batuk kering, dautstsa'lab
(rambut rontok) terkadang saudawi timbul dari cholat shofrowi jika terlalu
panas.
Alamat
menangnya cholat sudawi
Ciri-cirinya
: mata kering, dan seluruh anggota badan, sedikit tidur, banyak minum, kering, iroqoh
al-bathinah, hitam darahnya, kental darah, bertambahnya waswas,pikiran dan
susah, penyakit limpah, hitamnya air kencing, berwarna kelabu, merah serta
tebalnya.
Dalam
tidurnya mimpi al-ahwal (hal-hal yang menakutkan), hal yang mengerikan,
khoyalat (pikiran-pikiran buruk yang menakutkan), kegelapan dan hal-hal yang
hitam yang membakar, mimpi melihat orang-orang yang telah mati.
Hal-hal
ini kebanyakan terjadinya dari mengkonsumsi makanan yang asin-asin, asam, ful
(kacang tanah), dan kacang adas, wallohu a'lam.
MANFA'AT
OLAH RAGA
Ketahuilah
! sesungguhnya manusia pada lambungnya mesti tersisa
lebihan makanan yang jelek, jika tidak melakukan gerakan pada waktu tertentu maka
akan terkumpul bahaya dan menimbulkan penyakit yang berbahaya, oleh karena itu
sebaiknya melakukan gerakan yang seimbang agar bisa memanaskan tubuhnya dan
bisa mencerna fudlolat (sisa makanan dalam lambung) dan yang paling baik
melakukan olah raga itu waktu kosongnya lambung dari makanan-makanan dan ini
yang di beri nama Arriyadloh (olah raga).yaitu bergerak dengan gerakan yang
ringan seperti naik kuda, berjalan, melakukan sebagian kesibukan, membaca dll.
Tujuan olah raga ada tiga :
1. Melenturkan panas badan yang menusuk agar
dengan gerakan tersebut bisa kuat menarik rasa ingin makan dan cepat
pencernaannya, diterima oleh anggota dan halusnya sisa makanan.
2. Mengolah
sisa makanan yang ada di lambung, membersihkan manafidz (saluran-saluran yang
menembus) dan meluaskan pori-pori.
3. Membolak
balikan keadaan tubuh dan melancarkannya.
Jalinus al-hakim berkata : olah raga sebelum makan itu
kebaikan yang besar dan penyebab yang kuat dalam menjaga kesehatan, sebab panas
menyebar kedalam tubuh dan menguat, bermanfaat pada saluran-saluran, memudahkan
menolak lebihan-lebihan makanan, jika dalam badan ada makanan yang belum
tercerna makan akan segera tercerna.
Dalam sholat ada macam olah raga dalam kitab al-barkah sholat
adalah obat, sholat menyembuhkan sakit hati, sakit lambung, usus dan
menyembuhkan pembengkakan, banyak sholat dan tahajjud menjaga kesehatan, sebab
sholat meliputi berdiri tegak, ruku, sujud, dll dalam gerakan itu ikut bergerak
anggota-anggota yang lain, apalagi usus dan lambung, sujud yang lama itu
bermanfaat bagi penderita nuzlah ( influensa) dan zukkam (filek) dan mencegah
masuknya nuzlah ketenggorokan dan sujud juga menolong atas terbukanya
sumbatan-sumbatan kedua lobang hidung bagi penderita filek dan turunya makanan
kelambung dan usus dan menggerakkan sisa-sisa makanan dll.[7]
Diantara Faedah-faedah Sholat adalah menarik rizqi, menjaga
kesehatan, menolak hal-hal yang menyakitkan, mengusir penyakit, menguatkan
hati, memutihkan wajah, menyenangkan jiwa, menghilangkan malas, menjadikan
badan semangat, menolong kekuatan badan, menerangkan hati, mufdiyyatun lirruh
(memenuhi kebutuhan ruh), menyinari hati, menjaga kenikmatan, menolak
kerusakan, menarik berkah, menjauhkan dari syetan dan mendekatkan kepada Allah,
kesimpulannya sholat mempunyai akibat yang ajib (hebat) dalam menjaga badan hati,
dan menguatkannya, menolak inti kejelekan dari badan dan hati, tidaklah dua
orang terkena musibah dengan bahaya atau penyakit kecuali bagian orang yang
sholat lebih sedikit dan akibatnya selamat.[8]
Thobiat atau Watak dari
Makanan, Buah-Buahan, Obat-Obatan dan Daging
Hewan.
Panas
Kering
|
Panas
Basah
|
Dingin
Kering
|
Dingin
Basah
|
Beras
Jagung
(Dukhon)
Buahbadam
(lauz)
Susu
unta
Kurma
kering
Keju
lama/tua
Daging
kelinci
Belalang
Musthoka
( sejanis menyan arab)
Al-kandar
(menyan arab)
Al-kammun
(jinten putih)
Madu
Bawang
putih
Terong
Sho'tar (kemangi)
Syuniz (jinten
ireng)
Lada
Jahe
Minyak
wijen
Cengkeh
Garam
makan
Lubia (kacang
pendek, buncis)
Kucai
Misik
Daging
menjangan
|
Gandum
merah (khinthoh)
Al-khimasho (kedelai)
Susu
kambing dlo'ni (Domba)
Zabad
(mentega)
Samin
Kuning
telor
Anggur
basah
Anggur
kering
Pisang
Delima
manis
Buah
tin basah bawang merah
Hulbah
(kelabet)
Hiltit (belendok)
Al-fanidz ( tebu)
Kurma
basah
Daging
ayam
|
Jagung
(dzurroh)
Gandum
putih (syair)
Kacang
adas
Baqila (kacang
tanah)
Daging
sapi
Daging
unta
Delima
masam
Buah
safarjal
Buah
persik
Cuka
Buah
Asam
Afs
(terengguli)
Afyun (ofium)
Daun
Inay
Cendana
Al-wardu (bunga
mawar)
|
Daging
kambing kacang (al-ma'zu)
Ikan
Putih
telor
Al-qitstsa (sebangsa
mentimun)
Semangka
Al-fujl (lobak)
Susu
masam
Susu
baru yang masam
Keju
basah
Al-qor'u (buah labu)
Buah
Pidara/Widara (nabqun)
Lembayung
(Banafsaj)
|
MEMELIHARA BADAN DIKALA SEHAT
Ketahuilah sesungguhnya bab ini
yang paling penting dalam Ilmu Tib
(kesehatan), karena menjaga kesehatan ketika sehat lebih baik dari pada
minum obat waktu sakit.
Ilmu Tib
(kesehatan) terbagi menjadi dua:
1. Menjaga kesehatan
2. Mengembalikan kesehatan badan
yang hilang
MENJAGA KESEHATAN
I. Menjaga kesehatan yang paling
penting mengatur dan menjaga 10 perkara yaitu : Makan, Minum, Bergerak, Diam,
Tidur, Bangun tidur (terjaga), Jima’,udara dan hal-hal yang baru datang yang berpengaruh pada jiwa, serta mengatur
anggota badan yang sehat. dan kami akan jelaskan satu persatu.
1. ATURAN MAKAN
Jangan memenuhi perutnya
ماملآ ابن آدم وعاء شرا من بطنه حسب ابن آدم لقيمات يقمن صلبه فإن
كان لابد فثلث للطعام وثلث للشراب وثلث للنفس
. وقال النبى صلى الله عليه وسلم المعدة بيت
الداء والحمية بيت الدواء وأصل كل داء البردة وعودوا كل جسم مااعتاد.
Para Ahli Hikmah berkata : Yang
baik makan tiap 2hari 2malam 3kali pada musim dingin, sebagian ulama
berkata:1hari 1malam 1kali, dan tidak apa-apa dengan apa yang dibiasakan
seseorang dari makan pagi, makan sore / malam serta ukuran yang sedikit dan
baguskanlah kunyahanya sehingga lambung mudah memproses pencernaanya, makan
dengan duduk, mulailah dengan basmalah dan di akhiri dengan hamdalah ini adalah
hal yang paling baik dan sunah.
Sebaiknya menjahui hal-hal yang
membahayakan seperti memakan makanan yang mentah
atau yang dijahui oleh jiwa (tak
berselara), makan ketika kenyang sebelum makanan dicerna dalam perutnya dan
ketika kenyang makan maka ini yang lebih mempercepat menimbulkan penyakit,
terkadang penyebab kerusakan.
Raja Kisro mempunyai Empat Ahli hikmah
dari Irak Romawi, Hindia dan Sudan, Raja Kisro berkata kepada mereka agar
masing-masing menyebutkan obat yang bisa menolak penyakit : dari Irak
mengatakan minum sebelum makan apa-apa setiap pagi tiga tegukan air hangat,
dari Romawi mengatakan setiap hari menghisap habbirrosyad, Dari hindia
mengatakan setiap hari memakan ihlilaj hitam tiga biji, sedangkan yang dari
sudan diam dan ia orang yang paling pandai dan cerdik, kemudian raja berkata :
kenapa kamu tidak berkata : lantas dari sudan berkata wahai tuanku : minum air
hangat sebelum makan apa-apa menghilangkan lemak ginjal, dan mengendorkan
lambung, habburrosyad menggerakkan mizaj shofrowi, ihlilaj menggejolakkan mizaj
saudawi, kemudian raja berkata kepadanya terus apa pendapatmu? Jangan makan
sebelum lapar dan mengangkat tangannya sebelum kenyang.
Sebaiknya jangan mengumpulkan dua
makanan yang sama wataknya dengan persamaan yang kuat seperti : daging dan
telor, ikan dan susu jagung dan Adas, dan jangan memakan sesuatu yang keras,
sangat lengket, sulit memotongnya maka itu sulit atas lambung untuk mencernanya
jangan minum dengan cepat atas makan tunggu sehingga makanan diam di lambung,
dan semuanya itu berbahaya.
Para Ulama Ahli kedokteran dari
Romawi, Hindia dan persi sepakat sesungguhnya penyakit-penyakit semuanya timbul
dari 6 perkara :
1. Banyak Jima’ 2. Minum air tengah malam 3. Sedikit tidur
malam hari 4. Banyak tidur siang hari 5. Makan saat kenyang 6.Menahan kencing.
2. ATURAN MINUM
Jangan minum sebelum haus,
minumlah air tawar yang dingin (biasa bukan es) dan bernafas tiga kali di luar
tempat minum ( gelas ) jangan bernafas di dalamnya, dan membaca basmalah pada
tiap minum dan diakhiri dengan hamdalah, maka sesungguhnya membaca basmalah itu
obat yang bermanfaat, menghilangkan penyakit dan menarik obat.dengan basmalah
turun berkah-berkah dan selamat dari kerusakan, dan meminum dari wadah yang
terbuat dari tanah liat (tembikar) adalah minuman yang hani’(segar
lezat) mari’(Enak) dan sholih (bagus). Dalam kitab tafsir
diterangkan Hani’ mengandung obat dan mari’ menolak penyakit.
Sebagian Ahli Hikmah berkata : meminum pada tempat tembaga jelek, pada kayu
hani’ tidak mari’ dan takutlah minum air panas kecuali udzur, air asin, air
keruh, dan air bacin semua itu jelek, jangan minum dari wadah (tempat)
yang tidak kelihatan airnya seperti ketel, kendi, tetapi tuangkan pada gelas
dan melihatnya kemudian meminumnya.[9]
3. ATURAN UDARA
Ketahuilah badan tidak sunyi dari udara, sebab ruh,
pendengaran, penglihatan tidak beramal kecuali dengan bertemu udara,
khususnya roh tidak tegak pada badan
kecuali dengan menghirup udara yang Allah telah memastikan hidupnya dengan roh
dan roh adalah intinya dan makanannya, sebagaimana makanan makanannya jisim dan
yang paling baik udara timur (Shoba) didalamnya keenakan yang besar dan
kemanfaatan yang menguatkan roh dan jasad, maka ini yang dinamakan udara yang
baik.
adapun angin selatan, utara dan
barat tidak seimbang banyaknya panas, dingin dan kekuatan, dan ini baik walau
lebih rendah dari yang utama. Dan tidak baik udara ‘Aqimah, Awashif dan asap dan bau-bau yang bacin (tidak
enak) dan yang keluar dari batas keseimbangan baik panas atau dingin semua itu
membahayakan ruh, dengan bahaya yang besar, terkadang keluat dari jasad.
sebaiknya menutupi dengan katon dari bau-bau yang wangi.. Wallahu A’lam
4. ATURAN BERGERAK
Ketahuilah, sesungguhnya manusia pasti ada sisa makanan
dalam lambungnya, sisa makanan yang jelek, jika tidak bergerak pada waktu
tertentu maka akan terkumpul bahaya yang besar, mka sebaiknya bergerak dengan
gerakan yang ringan dan sedang yang bisa memanaskan jisim dan menghancurkan
sisa-sisa makanan dalam lambung, dan gerak yang baik di saat kosongnya lambung
dan dinamakan Riyadloh (olah raga), yaitu bergerak dengan gerakan yang
ringan dan sedang, seperti naik kuda, berjalan ringan, sedikit kesibukan,
membaca dan lain-lain. Olah raga mempunyai ukuran yang maklum sekiranya kulit
memerah dan tampak keringat dan tidak baik gerakan sedikit yang membosankan dan
cape, dan jangan adanya gerakan setelah makan khususnya kenyang terkadang
mendatangkan kepada penyakit yang berat. Wallahu A’lam.
5. ATURAN DIAM
Ketahuilah, Manusia dikala diam tidak lepas dari berdiri,
duduk, diam, tidak miring atau lainnya maka tidak baik terus menerus pada
sebagian tingkah yang menghasilkan kebosanan, maka itu akan berbahaya pada roh
dan badan dengan bahaya yang besar, akan tetapi yang baik diam pada satu
keadaan selagi masih semangat jika tampak cape dan bosan maka cari kesenangan
pindah pada tingkah yang kedua. Wallahu A’lam
6. ATURAN TIDUR
Ketahuilah, tidur adalah tenangnya panca indra dari
bergerak dan menguncupaya berbarengan dengan ronah yang menusuk dari otak
kedalam dan uap sedang yang naik dari lambung ke otak. menurut Syekh Ibrohim
bin Abdurrohman, tidur adalah udara lembut yang datang dari arah otak menuju
hati, kalau ngantuk tidak masuk ke hati.[10]
Dalam tidur ada dua kemanfaatan : 1. Istirahatnya anggota
dari hal-hal yang ditemui jisim saat bergerak didalam waktu terjaga, dan
senangnya jiwa dari hal-hal yang ditemui jisim dari capenya, baik dari susah
atau pikiran dll. maka ini enak yang besar pada jiwa dan badan. 2. sesungguhnya
panas yang tajam masuk kedalam lambung ketika tidur maka itu menolong untuk
pencernaan makanan. Ukuran tidur yang paling baik 6 / 8 jam pada malam hari dan
siang hari, tidur qoylulah walau sekejap maka ia menolong untuk bangun pada 1/3
malam yang akhir, sebagaimana sahur menolong puasa.
Tata cara Tidur:
Tidur miring atas sisi kanan sesaat kemudian pindah ke
sisi kiri, jangan tidur kecuali membaca nama Allah dan bangun dengan menyebut
nama Allah juga[11].
Tidur ada 4 macam : 1. Tidur tengadah (tidur para nabi) 2.
Tidur miring kanan (tidur ulama dan wali) 3. Tidur miring sisi kiri (tidur para
sultan) mencerna makanan. 4. Tidur telungkup (tidur syetan).
7. ATURAN TERJAGA (LAWAN TUDUR)
Sebaiknya jangan menyia-nyiakan waktunya dengan batal
(tiada berguna), maka semuanya akan buntu. Sayyidina Umar ra bersabda :
sesungguhnya saya benci melihat seseorang
yang sabahlala artinya tidak beramal untuk untuk agama dan dunia.
Ahnaf bin Qoys berkata : 3 hal yang tidak patut orang berakal meninggalkannya :
ilmu untuk bekal akheart dan perbuatan yang menolong atas masalah agamnya dan
dunianya dan ilmu tib yang bisa melebur penyakit. Wallahu A’lam.
8 ATURAN JIMA’
Jima tidak baik kecuali saat bergejolaknya syahwat serta
adanya persediaan mani, maka sebaiknya mengeluarkannya seketika, karena
menahannya itu bahaya yang besar. Jima tidak mempunyai waktu yang ditentukan
kecuali ini: walaupun setahun sekali khususnya bagi yang mizajnya shofrowi dan
sundawi, karena jima membahayakan karena sedikitnya rutubat
(basah simpanan tubuh). Adapun yang mizajnya damawi dan bulghomi, walaupun
mampu untuk banyak jima dan adanya persediaan mani maka yang baik seminggu 2
atau 3 kali dengan terpisah-pisah jangan jima 2 kali dalam sehari semalam maka
bahaya besar, khususnya ketika cape karena mani itu dari makanan murni yang itu
adalah intinya ruh, jika membiasakan banyak jima maka habislah mani, kemudian
mengambil dari darah makanan dan dari Ruthubatul Ashliyah
(simpanan basah dalam tubuh) maka menjadi penyebab kerusakan, orang yang bayak
jima tidak samar pikunnya dengan cepat, sedikit kekuatannya dan cepat tampak
uban.
9. ATURAN BERPENGARUHNYA HAL-HAL YANG BARU DATANG.
Bahaya hati adalah susah dan pusing, dan kesenangannya
adalah bahagia dan gembira. Adapun Al-Hamm (susah) yaitu tampaknya panas
yang menusuk pada luar badan ketika sangat menginginkan hal-hal yang sangat
dicita-citakan, jika tidak hasil tujuannya maka terjadi pusing, Al-Ghomm yaitu
masuknya udara yang merusak kedalam lambung dari menangnya (tampaknya) Thobi’at
Saudawi yaitu tabi’at mati terkadang sebagian manusia mati ketika begitu,
dan jika banyak susah dan pusing maka kurus badannya. Sebaiknya jangan
menginginkan sesuatu yang sulit dicarinya pada umumnya, dan hal-hal yang adanya
juga, kemudian ketika mendapatkan apa yang dicita-citakan berbahagialah dengn
bahagia yang sedang jangan terlalu, maka bahagia yang terlalu terkadang
mematikan juga.
Diantara hal yang baru datang yang berpengaruh pada jiwa
adalah : kemarahan yang sangat dan itu dari syetan la’natullah, dan syetan dari
api neraka sebaiknya matikan dengan air, sebagaimana dalam hadits : maka
basuhlah dengan air atau sempurnakanlah wudlu dan sholat dua rokaat kemudian
membaca :
اللهم
اغفرلي ذنبي واذهب غيظ قلبي واعذني من الشيطان الرجيم
Maka
ringanlah marahnya dan tenang.
Dan
diantara yang berpengaruh pada jiwa lagi adalah : bersesdih hati atas sesuatu
yang hilang baik harta atau lainnya, sebaiknya tidak memperbanyak kesedihan
yang mendalam, mka sesungguhnya dunia semuanya itu rusak dan se baiknya
membiasakan dirinya sesungguhnya : jika ditimpa musibah yang lebih besar
niscaya akan lebih bersedih seperti orang yang sedih atas harta yang hilang
kemudian berkata :eandainya musibah ini pada roh musibah nicaya lebih besar.
Sayyidina Umar ra bersabda: saya tidak terkena musibah kecuali sya melihat
sesungguhnya Allah memberi nikmat kepadaku yang didalamnya ada 3 nikmat :
1.
Sesungguhnya Allah meringankan musibah atas diriku dan tidak memberi musibah
yang lebih besar dari ini sedangkan Allah mampu atas itu.
2.
Sesungguhnya Allah menjadikan musibah dalam masalah duniaku tidak mejadikannya
dalam masalah agamaku dan Allah mampu atas itu.
3.
Sesungguhnya allah memberikan pahala atas musibahku pada hari qiyamat. [12]
10.
ATURAN ANGGOTA BADAN YANG UTUH
Sesungguhnya
badan tidak tetap atas keadaan yang satu akan tetapi timbul baru baginya
sesutqu yang pasti maka sebaiknya merawatnya dan memeliharanya.
Diantara
merawat badan dan memeliharanya mandi dari kotoran-kotoran memakai minyak wangi
walau 1 minggu sekali, dan sunnahnya hari Jum’at kepala dan seluruh anggot
badan diberi minyak zaytun pada malam hari kemudian pada pagi hari kepala
dibasuh dengan air dan daun widara dan badan dengan air, juga merawat gigi,
menyisir kepala itu sunnah dan menghilangkan susah dan sedih dan jadikanlah air
pad musim dingin. Merawat dan memelihara mata dengan celakan tiap malam ketika
akan tidur 3/5/7
kali nulai dari sisi kanan diikuti sisi kiri dan itu adalah sunnah. Celakan
yang paling bagus adalah batu itsmid. Nabi saw bersabda :
تكحلوا بالإثمدفإنه يجلوالبصر وينبت الشعر
Bercelaklah dengan batu Itsmid
sesungguhnya ia menerangkan pandangan mata dan menumbuhkan rambut. [13]
JANGAN MENAHAN
Sebaiknya manusia jangan menahan Atob (berserdawa), bersin,
menguap, sisi (mengeluarkan ingus), muntah, kencing, berak, dan kentut.
Menahan
berak menimbulkan kanker, gatal.
Menahan
kencing menimbulkan laqwah, Shoda’(sakit klepala) dan Syaqiqoh (strook
dikepala) glap mata dan beratnya pendengaran.
Menaahan
Atob menimbulkaan batuk, bergetar, dan sakit di hati.
Menahan
menguap mmengakibatkan Ro’syah(gemetar), yusbihuljild (merinding)
suara serak, banyak lapar mengakibatkan bisu, gelap mata, kepala berputar dan
jeleknya budi pekerti.
Menahan
nangis mengakibatkan bisu dan pilek. Menaahan Syahwat dari jima’
mengakibatkankan sakit dzakar, trijilan, dan membesarnya trijilan[14]
BAB II
PENGOBATAN
1.
Obat-Obat
yang menghancurkan makanan
Menyan
arab menghancurkan
makanan dan memanaskan lambung jika diminum. Sho'tar (kemangi) Baqol
(sayur-sayuran) dimakan sedikit setelah makan maka sedikit bahayanya dan
menguatkan pencernaan pada limpah.Filfil (lada) kuat menghancurkan makanan.
2.
Pencernaan
Lemah
Rusaknya
pencernaan mendatangkan penyakit yang jelek seperti : asshor'u (Ayan)
dan malikhuliya (jeleknya pikiran) penyakit-penyakit ini terkadang
terjadinya karena rusaknya makanan sebelum dicerna, diantara penyebab lemahnya
pencernaan atau lambatnya adalah : al ghom (pusing) sebagaimana penyebab
bagusnya pencernaan adalah : Senang, makanan yang berat itu tersisa dan lama
dalam lambung untuk melaksanakan pencernaannya,
atau tidak tercerna atau sedikit yang bisa tercerna, adapun makanan yang ringan
jika tidak tercerna maka akan rusak dengan cepat, adapun diantara hal-hal yang
merusak pencernaan adalah : Alfajlu (lobak) jika banyak
memakannya.
3.
Obat
merangsang makanan
Anggur
baik untuk lambung, anggur putih lebih baik dari pada anggur hitam.
Kucai
(karrots), lada (Filfil), bawang merah jika dipecahkan dan dicium maka merangsang
makanan
Menggugurkan
rangsangan makanan
Buqlah
(sayur-sayuran)[15]
4.
Untuk
mengobati penyakit-Penyakit lambung
1.Kandar
(menyan arab) jika direndam dan airnya diminum maka bermanfaat, 2. Daroshini
(kayu manis), 3. Musthoka (menyan arab) diminum, 4. kurma jika dimakan
menimbulkan cairan dilambung, menguatkan campuran shofrowi, dan menjadi maddah
(inti) baginya.[16]
5.
Masuk
Angin dan menggelembungnya lambung
-Terkadanng
Penyebab menggelembungnya (bengkak) lambung adalah makanan,
-Terkadang
penyebabnya lemahnya tenaga panas yang mencerna makanan, jika lemah tenaga
panas untuk mencerna makanan maka akan menimbulkan uap dan timbul angin,
terkadang makanan menimbulkan angin pada lambung dengan wataknya. Seperti :
Allubiya (kacang pendek/buncis) dan kacang adas, makan pencernaan tidak
bermanfaat kecuali jika tenaga panas yang untuk mencerna makanan sangat kuat.
-Terkadang
penyebabnya banyak campuran sawdawi dan sakit limpah, dan sering sekali
terjadinya sebab udara dingin dari luar tubuh yang masuk kedalam sebab lemahnya
suhu tubuh.
-Terkadang
penyebabnya banyak minum air dan tiupan angin timur, setelahnya.[17]
6.
Qoroqir
(Bunyi Perut) Lambung Menggelembung Dan Mulas
Ketahuilah
: Sesungguhnya
penyebab qoroqir yaitu penyebab menggelembungnya lambung akan tetapi mengobati
qoroqir lebih sulit, maka sebaiknya menjadikan hal-hal yang menguatkan lambung
jangan sampai lambung menggelembung.
Obat
: Jika
Disebabkan memakan makanan yang menimbulkan menggelembungnya lambung maka
meninggalkannya dan tidur dengan meletakkan bantal dibawah perutnya.
Jika
Disebabkan dingin dan angin maka diobati dengan obat mengusir angin.
Untuk
mengobati qoroqir minum obat selam tiga hari setiap hari 1tengkuk jinten putih,
dan setengah tengkkuk musthoka (menyan arab) sebelum makan apa-apa,
Diantara
yang menyembuhkan penyakit qoroqir, menggelembungnya lambung, masuk angin dan
ulat pada lambung adalah : masak sho'tar (kemangi) dengan air disaring kemudian
diminum sebelum makan apa-apa,
Alkarowiya
(Jinten) mengusir angin jika tiap hari 2 dirham sebelum makan apa-apa dengan
melumat dimulut hinga lembut kemudian telan maka sembuh.
Al-kammun
(Jinten Putih) jika ditumbuk terus diminum maka bermanfaat dari masuk angin,
lambung menggelembung, dan angin yang berat.
Gula
jika diminum dengan air bersih maka baik untuk menyembuhkan lambung.
Bawang
putih melepaskan angin yanng menggelembung jika diminum melepaskannya dengan
kuat.
Musthoka
(menyan Arab) jika diminum dengan ditumbuk dan dilumati dengan madu maka
memanaskan lambung dan mengusir angin. [18]
DAULKHAYYAT DAN DAUTSTSA'LAB
Dautsa'lab yaitu : penyakit yang merontokkan
rambut hingga kulitnya seperti bawang, syaikhuna berkata dalam kitabnya : dautstsa'lab
yaitu hilangnya rambut dalam suatu tempat di kepala kira-kira ukuran dirham
(uang koin) atau lebih kecil, perbedaan keduanya adalah dautsa'lab kulit kepala
halus, sedang daulkhayyat kulit kepala kasar, kedua penyakit ini bisa timbul di
seluruh badan hanya saja kebanyakan timbulnya di kepala, jenggot sebagaimana
dikatakan oleh syekh assamarqondi, penyebabnya adalah cholat saudawi.
Obat : awali dengan
mengeluarkan cholat saudawi, kemudian lewatkan pisau cukur pada semua kepalanya
dan cukur semua rambut terus olesi dengan bawang merah dan madu, dalam sebagian
kitab : sesungguhnya kotoran tikus jika dioleskan pada dautstsa'lab maka
bermanfaat dan menumbuhkan rambut, diantara obatnya adalah : teracak kambing
kacang di bakar dan abunya di adon dengan cuka yang masam dan dioleskan maka bermanfaat,
kotoran tikus dihaluskan dicampur dengan
minyak zet dan dioleskan pada dautstsa'lab maka sembuh, khususnya jika dibakar
dan diadon dengan air bawang merah maka tumbuh rambut dengan di oleskan.[19]
MENGUATKAN RAMBUT DAN MENCEGAH
RONTOK
Timah dibuat lempengan di olesi lemak kemudian
digosok-gosokkan pada rambut maka kuat rambutnya dan mencegah kerontokan.
Al-fujlu ( lobak ) jika
melanggengkan memakannya maka bermanfaat dari kerontokan rambut.[20]
RAMBUT PECAH-PECAH DAN
PATAH-PATAH
Diantaranya daun ketumbar
yang basah ditumbuk terus diperas airnya kemudian dibasuhkan pada rambut [21]
MENGERITINGKAN RAMBUT
Sabun jika dibasuhkan
pada kepala maka rambut ikal (keriting)
MENGHILANGKAN KETOMBE DIKEPALA
Daun inay diadon dengan
cuka dioleskan pada kepala
Allubban asysyajari (menyan
arab) dibasuhkan pada kepala dengan air
Garam ditumbuk decampur
cuka dibasuhkan pada rambut maka bersih dari ketombe.
Bawang putih dicampur
madu dioleskan dikepala setelah mencukurnya.
MEMUTIHKAN RAMBUT,MEMPERCEPAT
UBAN
Air mawar jika banyak
menggunakannya maka rambut putih
Diantara yang
mempercepat uban AL-kafur (aspoko/kapur barus), banyak jima', banyak mandi
hangat, banyak mikir dan banyak pusing.
MENGHITAMKAN RAMBUT
Afshun (terengguli)
direndam pada air dan cuka maka menghitamkan rambut
Terengguli ditumbuk dan
diadon dengan daun inai maka menghitamkan rambut dengan hitam yang sangat.
OBAT LUKA KEPALA
Minyak mawar : menghilangkan
luka kepala yang basah jika dinuat minyakan.
Jinten putih dicampur minyak
zet diletakkan pada kepala maka menjaganya.
Al-kandar (menyan arab)
direndam pada air dan dibasuhkan pada kepala maka bermanfaat
Minyakjarak jika
dioleskan pada kepala maka menyembuhkan luka basah dikepala.
SODA’ ( SAKIT KEPALA )
SODA’ (Sakit Kepala) timbul dari jima,
fikiran, berteriak, lapar, dan dari makanan-makanan yang mengandung angin pada
lambung dan mengandung uap.
- Minyak lembayung : bermanfaat
sekali dari sakit kepala yang panas
- Za’faron jika dihaluskan dengan
cuka dan dioleskan pada sakit kepala maka bermanfaat.
- Kapur barus : dicampur dengan
minyak mawar dan cuka kemudian dioleskan maka sembuh.
- Air mawar : dicium atau
dipercikkan .
Hal-hal
yang menyebabkan soda’(sakit kepala):
banyak
makan dan minum menyen arab, kucai, bawang putih, bawang merah jika
dilanggengkan, susu jika dilanggengkan. Terong berbahaya pada soda’
dan syaqiqoh (sakit kepala separuh kepala dan wajah) dll.
SYAQIQOH
: sakit kepala
dari separohnya kepala dan wajah.
sebabnya
: naiknya uap dari lambung jika ringan maka ringan, jika berat maka berat, dan
merasa enak jika muntah.
Rambut
manusia jika digantungkan pada penderita suaqiqoh, maka hilang penyakitnya.[22]
LUPA
Sesungguhnya
lupa termasuk penyakit otak dan kebanyakan dai jeleknya mizaj dingin basa dan
membasahi otak. Dan penyakit lupa timbul dari hal-hal yang menimbulkan bulghom
(dahak) dan pada otak dari makanan dan lainnya dan kebanyakan timbul dari makan
bawang merah dan kenyang yang sangat dan banyak makan buah-buahan.
Hal-hal
yang menimbulkan lupa adalah : makan ketumbar basah, apel masam, banyak susah
membaca dalam kuburan, melihat air yang diam, kencing di air yang diam, melihat
salib berjalan diantara dua unta dan wanita membuang kutu yang hidup dan makan
bekas rikus.[23]
HAFALAN
Laki-laki
datang kepada sayyidina Ali kr.w mengadu tentang lupa. Sayyidina ali menjawab :
tetaplah makan menyanarab maka ia menguatkan hati dan menghilangkan lupa.
Sayyidina Ibnu Abbas bersabda : 1 mitsqol gula, 1 mitsqol
menyan arab selama 7 hari itu baik untuk kencing dan lupa, dan berkata :
tetaplah dengan menyanarab direndam pada malam hari dan ketika pagi diminum
sebelum makan apa-apa maka itu baik untuk penyakit lupa. Imam Az-Zuhri
berkata : siapa ingin hafal hadits maka makanlah anggur kering. Syekh Hammad
bin Zaid ditanya apakah yang paling menolong hafalan, ia menjawab : sedikit
bulghom (jelagrah/dahak). Nabi saw. bersabda : siapa ingin hafalan maka
makanlah madu, asap rambut manusia jika trus mengepusnya maka hilang lupanya[24]
OBAT
MENGUATKAN OTAK
Jahe
jika dikulum bersama mustoka (menyan arab) maka turun dari kepala
dahak yang banyak. Jinten putih jika
dihaluskan dan diletakkan pada kain dan dicium terus-terusan maka bermanfaat
pada otak. Cengkeh jika diminum maka otak kuat dan mencegah uap yang naik ke
otak. Minyak mawar menguatkan otak jika dipakai minyakan dan menghangatkan
badan yang sangat dingin, juga bisa mendinginkan badan yang sangat panas.[25]
Hal-hal
yang merusak Otak dan Menarik Lupa dan Bodo
Ketumbar
basah jika banyak memakannya merusak otak, apel semuanya menimbulkan lupa,
lalai, bodoh dan malas dan apel yang masam lebih kuat jika untuk sarapan pagi.
bawang merah banyak memakannya dapat merusak otak dan menarik lupa. Afyun
(opium) membutakan kefahaman dan merusak otak[26]
Jerawat
dan bintik hitam
Kulf (jerawat) yaitu berubahnya wajah
dengan biji-biji yang bermacam-macam, terkadang kering dan terkadang bernanah,
penyebabnya adalah : campuran sandawi di bawah kulit wajah.
*
Obatnya jika kering tumbuklah daun inai bersama bawang putih yang dibakar
diatas abu yang panas, dengan tumbukan yang haslus dan adonlah dengan madu
terus dioleskan pada jerawat atau bintik merah dan tinggalkan sampai pagi terus
dibasuh dengan air panas yang dicampur garam dan nukholah. Lakukan beberapa
hari maka akan sembuh. Kayumanis (darosini) jika ditumbuk dan
dicampur dengan madu lalu dioleskan ke wajah maka hilang jerawat. Jahe :
jika membiasakan memakannya akan membaguskan wajah / warna kulit. kunig
telor : jika dikeringkan kemudian ditumbuk untuk olesan jerawat. Sho’tar
(kemangi) membaguskan warna kulit jika diminum atau dimakan[27]
Butsur (jerawat, bisul kecil)
Maka
tampak pada wajah, hidung, jerawat putih seolah-olah titik susu jika ditekan
maka akan keluar seperti samin kental.
*Obat
: Darosini (kayu manis) jika dihaluskan dan dicampur dengan madu
terus dioleskan pada jerawat wajah maka bermanfaat. Syuniz (jinten
ireng) jika dioleskan bersama cuka maka bisa membedol jerawat (bisul kecil)
yang ada diwajah[28]
Sakit
telinga
Penyakit
telinga adalah sumbatan yang ada di dalamnya dari angin dingin maka timbul
penyakit telinga atau sedikit pendengarannya atau tuli tiba-tiba atau
mengalirnya nanah.
Jika
pada telinga ada dengungan dan gaungan dari panas maka teteskan minyak mawar
dan cuka, juga dari rasa dingin,
Dari panas
diketahui dengan kuatnya rasa sakit dan panas, adapun yang dingin sebaliknya.
Diantara
yang memberi kemanfaatan pada beratnya pendengaran dengungan dan mangalirnya
nanah atau air maka teteskan kedalamnya air bawang merah, air kencing anak
menyusui atau sapian maka menghilangkan dengungan telinga.
Putih
telor jika diteteskan pada telinga yang abuh
(bengkak) dan panas maka akan dingin dan penyakit sembuh.
Ulat
dalam telinga atau hewan.
Bawang merah jika ditumbuk airnya diperas terus dipanaskan pada api setelah
dingin diteteskan pada telinga maka membunuh ulat yang didalamnya. Cuka
dipanaskan setelah dingin diteteskan pada telinga maka membunuh ulat[29]
terkadang
penyakit telinga timbul dari panasnya mentari, mandi air hangat, gerakan keras
(bengis), muntah, berteriak dan kenyang perut[30]
Mata
Setiap
mata tersusun dari bermacam-macam perkara yaitu 7 lapis dan 3 basah (rutubat),
adapun lapisan mata seperti kulit bawang, jika sebagian terkena bahaya maka
yang lain mengikutkannya. Adapun 7 lapisan adalah : 1. Asholibiyah
2. Masyimah 3. Assyabakiyah 4. Ankabutiyah
5. Al-Qoroniyah 6. Babul Multakhamah
Adapun
rutubat (basah-basah) adalah 1. Azzujajiyah (semacam kaca) 2.
Aljildiyah (sebangsa kulit)3. Albaydloh (semacam tlor).
Ketahuliah
sakit mata ada 5 macam : Romad (sakit mata) merah pada kedua mata, Rutih,
Ghosyawah (rabun) dan lemahnya penglihatan.
1. Romad
alamatnya adalah merah pada kedua mata membesarnya otot mata, banyaknya basah,
atau pada mata ada batu yang berputar
penyebabnya adalah campuran damawi. Obat : putih telor
dioleskan pada telapuk mata, jika terasa akan sakit mata (permulaannya) maka
putih telor jika dioleskan berulang-ulang siang dan malam pada telapuk mata
maka akan tercegah sempurnanya sakit mata dan bermanfaat dari sakit mata, minum
cuka juga bermanfaat untuk sakit mata.
Romad (sakit mata) itu terjadi dari
inti panas, dari dahak dan campuran saudawi(sebangsa hitam) dan banyak
terjadi di negara yang panas, akan tetepi mudah hilang dan sedikit di negeri
beriklim dingin akan tetapi sulit.
a. Romad
sofrowi : gatal yang sangat dan rasa sakit yang panas yang
melahap-lahap
b.
Romad Humroh : lebih sedikit panasnya
c. Romad
Dum’ah : tipis panasnya
Bagi
penderita sakit mata secara keseluruhan adalah sebaiknya menyedikitkan makan
dan meringankannya, sebaiknya bagi orang sakit mata jangan banyak bergerak,
jangan memberi minyak pada kepala, dan pada sekelilingnya berwarna hitam dan
hijau dikepalanya digantungkan kain hitam, berada ditempat gelap, jangan
melihat warna putih, sinar dan baik sekali menarik tidur, jangan panjang
rambutnya maka akan menambah sakit mata, dan jangan menundukkan kepalanya (mata
mengarah kebawah)
*Pantangan
: bagi penderita sakit mata : menjauhi makanan yang berat dan jelek,
jima’,lapar, kenyang, banyak minum,
jangan telungkup, jangan muntah, jika tidur sebaiknya dengan tengadah dengan
jitoknya (leher bagian belakang) dan bantalnya yang tinggi. Juga menjauhi hal-hal
yang membahayakan mata seperti asap, debu, sinar atau dipegang dan menjauhi
makan bawang merah, bawang putih, kucai, menjauhi minum susu dengan segala
jenisnya, dan jima’ jangan lama-lama saat sujud sholat.
* Obat
: Diantara Obatnya yang mujarab adalah : mentega dioleskan pada telapukan mata
maka bermanfaat pada penyakit sakit mata dan mata merah.
2.
Mata memerah
jika tampak mata memerah serta keringnya kedua mata juga sejumlah wajah dan
otak maka penyebabnya adalah bertambahnya cholat shofrowi diketahuinya
cholat shofrowi pada kedua mata : turun kedalam mata air kuning dan
itu sebab kebutaan. Alamat turunya air kuning adalah banyaknya air mata dan ruthubah
(basah-basah) kedalam mata tanpa sebab.
*Pantangan
: menjauhi makanan yang panas, pedas, asin dan asam, seperti pedas cabe,jahe,
bawang putih, bawang merah dll
* Obat
: garam dicampur madu maka hilang darah dibawah mata.
Jadam
pahit jika dicamur madu maka hilang bekas darah yang ada di ruas mata dan
telapukan.
Thorfah
: Mata suram (betem) sebab pukulan atau tamparan terkadang ada bekas titik
merah pada mata, penyebabnya adalah : pukulan atau tamparan atau mendidihnya
darah terus mengalir ke mata dan memancarnya darah, diantara penyebabnya
gerakan yang keras.
Obat :
teteskan susu wanita pada mata maka bermanfaat, jinten putih dikunyah dan peras
airnya terus teteskan pada mata maka bermanfaat dan memotong darah yang mengalir,
Kuning telor yang direbus dicampur minyak mawar letakkan dan oleskan pada mata
maka sakit hilang, [31]
3.
Putih Mata yaitu air putih yang turun dari otak
Alamatnya
: putih tipis pada atas qoronia (cornea) atas berat didalamnya.
Menjauhi
makanan yang menimbulkan bulghom (dahak) dan berat, jika telah diketahui dari
dahak maka turun air hijau dan biru. Obat : amperu kelinci, atau celakan
kunyit.
4.
Rabun mata : yaitu tidak bisa melihat sesuatu pada ,alam hari hinggaseperempat
malam, yaitu basah-basah yang turun kedalam mata, penyebabnya adalah cholat
saudawi. Obat : celakan dengan madu saat keluar matahari.
5.
Dlo'fil bashor (lemah penglihatan) : tidak bisa melihat sesuatu yang kecil seperti
rambut, benang kecil, tidak bisa memasukkan benang pada lobang jarum, dan penyakit
ini berselisih pada manusia, sebaiknya menjauhi makanan yang berat, seperti
biji mentah, makanan berat yang menimbulkan saudawiyyah, sepeti daging sapi, jagung,
terong dll. Dan rutubat (basah-basah) yang masam seperti cuka, delima, asam,
dll. Dan sesuatu yang pedas seperti bawang merah, bawang putih lada, jahe dll
dan yang asin rasanya.
Obat :
kunyit (kurkum) jika dibuat celakan menguatkan mata, jahe dipakai celakan,
cengkehdipakai celakan, bagi orang yang sering terkena sakit mata maka jangan
makan karrots (kucai).
6.
Dum'ah : ditepi mata basah selalu obat za'faron (sejenis kunyit ) jika
dihaluskan dan dipakai untuk celakan maka kering air mata (addum'ah).
7.
Assai'l : pada putih mata dan hitamnya terdapat otot merah yang tebal dan itu termasuk penyakit yang sullit
sembuhnya,
obat :
cengkeh dibuat celakan jika dicampur garam bersama obat mata maka kuat
pengaruhnya.
8.
rambut yang terdapat pada mata yaitu : timbul dari basah yang afunah (bau
busuk) yang berkumpul di telapukan mata.
Obat :
cabut rambut dan pada tempat rambut diolesi empedu (amperu:jawa) kambing kacang
maka hilang rambut dari dalam mata dan tajam penglihatannya. Air delima manis
dan masam jika diperas dengan syahmahnya (daging yang menempel pada biji
delima) ditempat dan dipakai celakan maka hilang gatal, kudis, mengalirnya air
mata, dan rambut serta kuat penglihatannya.
9.
Al-hisya yaitu : Timbul hal yang baru pada telapukan mata sulit bergerak, sulit
membuka atau menutup, sebab sakit atau merah-merah tanpa basah-basah, mesti
kebanyakan belek kering yang keras dan terkadang dari gatal, obatnya : makan
sesuatu yang basah sifatnya diletakkan bersama putih telor dan minyak mawar
diatas mata.
10. Kuning
mata tanpa seab yang dlohir : ketahuilah sesungguhnya penyebab kuning mata bagian
dalam iu banyak antara lain membiasakn tidur bertengadah, sedikit makan, banyak
mengkonsumsi makanan yang sifatnya kering tanpa lauk, atau berwatak dingin dan
makan panas.[32]
11. Turunya
air kedalam mata yaitu: Basah yang membentang penyebab terjadinya adalah : dari
muntah yang sangat,atau pukulan, atau terjangan pada kepala atau mata, terkadang
dari dingin yang sangat.
[1] Sokrates
: Ahli kedokteran Yunani dan pemimpin ahli hikmah, dan sampai sekarang
quburannya diziarahi.
[8] attib
Annabawi
[9] Syekh Jalaluddin
Assuyuti. Attib warrokhmah hal 19
[10]
Tashilul Manafi’i hal 93
[11] Syekh Jalaluddin Assuyuti. Attib warrokhmah
hal 23
[12] Syekh
Jalaluddin Assuyuti. Attib warrokhmah hal 23
[13] Syekh
Jalaluddin Assuyuti. Attib warrokhmah hal 23
[14]
Tashilulmanafi’
[15] Tashilul
Manafi’i Hlmn 59
[16]
Tashilul Manafi’i Hlmn 160
[17]
Tashilul Manafi’i Hlmn 60
[18]
Tashilul Manafi’i Hlmn 60
[19] Tashilul Manafi’i Hlmn 88
[20]
Tashilul Manafi’i Hlmn 89
[21]
Tashilul Manafi’i Hlmn 89
[22]
Tashilul Manafi’i Hlmn 95
[23]
Tashilul Manafi’i Hlmn 95
[24] Tashilul
Manafi’i Hlmn 96
[25]
Tashilul Manafi’i Hlmn 96
[26]
Tashilul Manafi’i Hlmn 96
[27]
Tashilul Manafi’i Hlmn 98
[28]
Tashilul Manafi’i Hlmn 98
[29]
Tashilul Manafi’i Halmn 99
[30]
Tashilul Manafi’i Halmn 100
[31]
Tashilul Manafi’ Hlmn 103
[32]
Tashilul Manafi’i Hlmn 108