Hasiat Ikan Laut

http://portal.cbn.net.id/


khasiat Ikan - Samak (Ikan) Fish
          Dagingnya berwatak dingin basah,yg paling baik golondan legan ikan laut, Al-qozwini berkata: sesungguhnya makan ikan segar dengan Bawang basah Menimbulkan gairah jima dan bertambah jika memakannya masih hangat, ikan jika dicium oleh orang mabuk maka akalnya kembali dan hilang mabuknya, empedu ikan dan empedu kura-kura laut jika keduanya dicampur dan di buat menulis di atas kertas dengan pena yg baru maka tulisan bisa dibaca pada malam hari (kegelapan) dan seolah-olah seperti emas, empedu ikan jika di minum maka bermanfaat dari khifqon (terkejutnya hati). (hayatul hayawan juz 2)
          Ikan asin lebih panas wataknya dari pada ikan segar,dan lebih kering,dlm sebagian kitab attibb:ikan yang di bakar pd tungku itu menambah syahwat gairah jima ‘dan membanyakkan mani,khususnya jiika di makan dalam keadaan hangat,ikan yg dimasak menambah gairah mani dan bermanfaat utk orang yang mizajnya panas. Dalam kitab allaqtu:ikan segar pada kesimpulannya: menimbulkan dahak yang banyak, ikan yang paling baik adalah yang enak rasanya, harum baunya sedang bentuknya, sedang ikan yang paling jelek adalah ikan yang hidup di air yang bacin (bau busuk).
          Manfaat ikan : menyuburkan badan, menambah mani/seperma, sedang bahayanya adalah merasa haus, mengendorkan otot, membaikan mizaj (campuran) yang panas, wallohu a’lam. (Tashilul manafi’ hal :16)
 

Related Posts: